Tas Idola Bandung, Pabrik Tas Bandung

 Profil Perusahaan Tas: CV. IDOLA INDONESIA

ASPEK MANAGEMENT

Identitas Pengusaha
Nama : Drs. H. Dede Hidayat DH., S.Ag., M.Si.
Jabatan : Direktur
Alamat : Jl. Leuwipanjang – Leuwisari V No.59 Bandung 40235
No. Telepon : (022) 5206738 – 081 221 24 803

Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan : CV. IDOLA INDONESIA
Bentuk : Persekutuan Komanditer / Commanditaire Vennotschap (CV)
Jenis Usaha : SENTRA INDUSTRI TAS
Alamat : Jl. Leuwipanjang – Leuwisari V No.59 Bandung 40235
No. Telepon : (022) 5206738 – 081 221 24 803
No. Faks : (022) 5229340

Tanda Daftar Perusahaan :  No 101134604078
Tanda Izin Gangguan :  No. 503/IG 7161/BPPT/2010
Izin Usaha Industri :  No. 536/114.18/TDI.01/VI/2002

Struktur Organisasi
Meskipun status perusahaan sentra industri Tas Idola Indonesia  adalah Persekutuan Komanditer (CV), tetapi pada dasarnya  merupakan perusahaan perseorangan sehingga struktur organisasinya masih relative sederhana. Meskipun demikian, struktur organisasinya sudah bisa memenuhi tujuan dasar man power loading yaitu mengorganisasikan sumber daya manusia ke bagian-bagian yang membutuhkan dengan porsi yang seimbang dengan beban kerjanya.

Hasil nyata yang bisa dirasakan dari struktur organisasi perusahaan adalah adanya garis perintah dan koordinasi yang jelas, sehingga setiap karyawan dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama (goal congruence). Bagan struktur organisasi secara terperinci dapat dilihat pada lampiran.

Posisi pengawasan  dipegang oleh  Drs. H. Dede Hidayat DH., S,Ag., M.Si. sebagai Direktur, sedangkan pada posisi manajemen inti perusahaan dipegang oleh Ibu Dra. Hj. Imas Karyati Endang  sebagai wakil Direktur. Selain manajemen inti tersebut, perusahaan mempunyai karyawan baik pria maupun wanita sebagai tenaga kerja yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Personalia
Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, karyawan sentra industri tas Idola Indonesia  telah diikutkan berbagai macam kegiatan meeting  dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian maupun ketrampilan sesuai bidang kerja masing-masing. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain  meeting dan pengajian.

Sebagian besar kegiatan yang dilakukan pada sentra industri tas idola Indonesia  adalah kegiatan yang membutuhkan kecepatan, kecermatan dan ketelitian, oleh karena itu komposisi pekerja laki laki lebih besar dibandingkan pekerja wanita.

ASPEK SEJARAH

Sejarah Berdiri
Nama Perusahaan sentra industri IDOLA INDONESIA  adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan dan perdagangan tas, awalnya  perusahaan perorangan ini bernama LOVER BAG. Perusahaan ini pertama kalinya  tahun 1980 didirikan dan dipimpin oleh  almarhum Bapak H. Dana Husen, ayahanda tercinta di Jl. Kebonlega II Kelurahan situsaeur Kecamatan Bojongloa Bandung.

Tahun 1990, ayahanda memberikan Kuasa Mengurus Perusahaan kepada Drs. Dede Hidayat Dana Husen tertuang pada akta notaris Masri Husen tanggal 26 juni 1990 nomer 219. Tahun 1991 Sejalan dengan perkembangan usaha saat itu diubah  status perusahaan perorangan menjadi usaha berbadan hukum dari LOVER BAG menjadi IDOLA OF INDONESIA, yakni menjadi CV (Comanditer Venotschop) berdasarkan keputusan pada Akta Notaris Masri Husen SH No. 34, tanggal 17 Juli 1991 dengan nama Perusahaan CV IDOLA OF INDONESIA, bertindak sebagai Direktur Drs. DEDE HIDAYAT DANA HUSEN.

Kemudian  tahun 1994, ada perubahan Anggaran Dasar yaitu memperluas cakupan bidang usahanya  oleh Notaris Masri Husen SH, tanggal 26 Oktober 1994 nomor 135.

Tahun 2007  nama CV IDOLA OF INDONESIA ,kata  OF dihilangkan, namanya   menjadi CV IDOLA INDONESIA  dan penambahan satu orang pesero yaitu saudara  AYI SETIA WARDHANIE tertuang pada akta notaris  Ny. Hj.IMAS TARWIAH SOEDRADJAT,S.H.MH   tanggal 7 November 2007 nomor 7. Direktur Drs.H.Dede Hidayat DH. S.Ag.M.Si.

Ciri khas yang tercermin pada perusahaan CV IDOLA INDONESIA  adalah Produksi PROSES CEPAT lebih mengutamakan kepada padat karya (Labour Intensive) dimana dalam proses produksi hampir keseluruhan tahapan prosesnya bersifat terpadu , sehingga tidak memerlukan jumlah tenaga kerja terlalu banyak , hal ini sengaja diorientasikan  supaya  cepat tapi berkualitas sesuai permintaan  konsumen yang mengharapkan proses produksi  tepat waktu.

Lingkungan bisnis perusahaan tas  ini terbentuk dari beberapa factor, yaitu kondisi wilayah, kebijakan pemerintah, tingkat persaingan dan perubahan-perubahan yang terjadi didalam maupun diluar negeri.

Dalam proses produksi, CV IDOLA INDONESIA  membutuhkan jenis bahan baku berupa Imitasilir, Sintetis, Biway, 600 Dineer, Micropoam, Oscar, Golden, Silikon Leather, Fur laken, Viny Korea, lacos Lux & Kulit dan lain-lain yang digunakan untuk bahan baku tas, sedang alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat Tas antara Lain : Mesin jahit, mesin cutting, mesin press, mesin bordel, mesinemboss foil, mesin rubber  dan mesin sablon yang digunakan untuk proses produksi serta alat-alat lain yang menunjang jalannya proses produksi untuk pembuatan tas. Selain itu dalam rangka menyongsong era globalisasi berupa liberalisasi, Idola Indonesia Tas mewacanakan  menerapkan Total Quality Management (TQM) pada proses produksinya guna memperoleh sertifikat ISO 9000 dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia.

ASPEK PRODUKSI

Misi dan Tujuan
Sesuai dengan bentuk perusahaannya yang berbadan hukum, IDOLA INDONESIA yang berorientasi pada suatu produk, maka memiliki misi untuk :

  1. Memperkenalkan produksi tas kepada seluruh masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri, produksi asli sesuai inspirasi rakyat (Pasir World)
  2. Membantu Negara dalam hal mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian rakyat.
  3. Berusaha mengangkat derajat masyarakat.

Sedangkan tujuan Idola Indonesia Tas adalah memaksimalkan pemberdayaan SDM dan kewajaran keuntungan (profitability) sebagaimana perusahaan lainnya. Untuk mencapai semua itu perusahaan tersebut menerapkan strategi yang relevan, yaitu :

  1. Strategi jangka pendek: Melakukan bauran promosi.
  2. Strategi jangka panjang: Meningkatkan kwalitas produk.

HASIL PRODUKSI DAN PEMASARAN

Hasil Produk 
Idola Indonesia Tas merupakan salah satu bagian dari industri tas yang ada di Indonesia, maka perusahaan tersebut memproduksi berbagai macam tas sesuai dengan bahan baku yang tersedia di dalam negeri yaitu :

Imitasilir, Sintetis, Biway, 600 Dineer, Micropoam, Oscar, Golden, Silikon Leather, Fur laken, Viny Korea, Lacos Lux & Kulit.

Pemasaran
Menyadari Indonesia sebagai negara  berpenduduk yang besar jumlahnya,dengan banyak aktivitas masyarakatnya baik sosial  budaya dan wisata dan pendidikan ,sudah barang tentu  mendatangkan suatu dampak yang positif bagi perkembangan industri  termasukm insdustri tas di wilayah tanah air , karena tas adalah salah satu kebutuhan umum. Oleh karena itu IDOLA INDONESIA TAS menyimpulkan bahwa produk tas, khususnya di Negara Indonesia memiliki potensi yang cukup besar.

Dengan adanya peningkatan aktifitas masyarakat, instansi serta perusahaan swasta dalam berbagai event, diklat, seminar, sosialisasi, traveling, haji, umrah, sekolah, kerja serta olah raga dan wisata maka Idola Indonesia Tas melihat ada prospek yang cerah bagi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan mengambil langkah dengan melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan umum  dengan harapan bisa menggunakan  produk IDOLA INDONESIA , dalam hal memasarkan hasil perusahaan tersebut. Sehingga menimbulkan hal yang positif bagi perdagangan dan pembuatan tas, selain itu dari aspek pemasarannya Idola Indonesia sebagian besar baru bisa melayani kebutuhan di dalam negeri  dari sabang sampai merauke, masih sedikit untuk ke luar negeri,

LOKASI PERUSAHAAN

Idola Indonesia Tas  dalam melaksanakan kegiatan perdagangan dan pembuatan tas untuk mencapai misi dan tujuan yang telah ditetapkan, dengan alamat:

Jl. Leuwipanjang  – Leuwisari V No. 59 Bandung 40235 sebagai kantor dan pabrik.

Telp.(022) 5206738 Fax (022) 5229340

email : info_dh@yahoo.com

website : www.tasidola.comwww.pabriktasbandung.co.id

HP. : 081 221 24 803

 

Direktur,

Drs. H. Dede Hidayat DH., S.Ag., M.Si.