Tentu ungkapan “kebersihan pangkal kesehatan” sudah tidak asing lagi untuk Anda. Memang tidak dapat dipungkiri kebersihan lingkungan berkaitan erat dengan kesehatan. Oleh karena itu, sikap ramah lingkungan perlu dibiasakan sejak dini. Apa saja 10 sikap bijak yang ramah lingkungan itu?

1. Sikap Berkendara

Asap kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang polusi udara di Indonesia. Dari penggunaan mobil dan motor dihasilkan gas karbon dioksida yang jika jumlahnya berlebihan akan menyebaban polusi dan berlanjut pada global warming.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang penting sekali memulai sikap ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar gas. Kendaraan berbahan bakar gas memang lebih mahal, tetapi lebih ramah lingkungan.

Jika penggunaan bahan bakar gas masih berat untuk dilakukan, maka membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan lebih memilih transportasi umum bisa pula dibiasakan.

2. Memilih Lampu CFL

Lampu CFL atau neon adalah lampu yang lebih hemat energi dan lebih panjang umurnya daripada lampu bohlam. Untuk menghasilkan cahaya yang sama terang, lampu CFL hanya membutuhkan seperempat energi yang dibutuhkan lampu bohlam. Lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

3. Sikap dalam Menggunakan AC

Cuaca yang panas memang menjadi salah satu alasan penggunaan AC di dalam rumah. Tetapi, perlu diketahui beberapa jenis AC malah menjadi penyebab dari pemanasan global yang terjadi. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis AC yang ramah lingkungan.

Perhatikan pula kebersihan ventilasi dan filter AC supaya penggunaan AC lebih efisien. Adapun membangun rumah dengan jendela besar dan ventilasi sebagai sirkulasi udara cukup lebih baik karena lebih hemat energi.

4. Penggunaan Kulkas

Kulkas adalah peralatan elektronik pengguna energi terbesar di rumah bila tidak dioperasikan secara benar. Lalu bagaimana penggunaan kulkas yang benar?

Kulkas sebaiknya tidak diletakkan di dekat sumber panas atau di tempat yang langsung terkena panas matahari. Kondensor kulkas seharusnya juga sering dibersihkan supaya efisiensi kulkas meningkat. Pastikan kulkas selalu tertutup rapat dan jangan lupa mengaktifkan tombol energi saver jika ada.

5. Membatasi Penggunaan Pemanas Air

Pemanas air adalah salah satu pengguna energi listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, batasi penggunaan pemanas air. Gunakan bila perlu dan lengkapi dengan pipa air panas sebagai isolator yang akan menjaga air tetap panas lebih lama.

6. Mengatur Tanaman

Jenis tanaman keras baik dipilih karena hanya membutuhkan sedikit air. Adapun jika Anda memang lebih menyukai tanaman yang membutuhkan banyak air, pastikan untuk menempatkannya secara berkelompok.

Pengelompokan ini bertujuan untuk menghemat penggunaan air dan supaya kelembaban di sekitar tanaman bisa terus terjaga.

7. Berinvetasi Energi Baru

Sumber energi tidak kekal sementara penggunaan energi terus meningkat. Pada akhirnya diperlukan investasi energi baru. Sumber energi gas bisa dipilih untuk alternatif baru karena energi gas bisa diperbaharui.

8. Barang Daur Ulang

Membuat barang daur ulang sebenarnya lebih mudah daripada membuat barang baru. Penggunaan barang daur ulang pun akan meminimalisir penggunaan energi yang pastinya lebih menunjukkan sikap ramah lingkungan.

9. Hidup Organik

Penggunaan pestisida pada tanaman memang ampuh menghalau hama tanaman. Akan tetapi, makroorganisme di dalam tanah yang bermanfaat juga akan ikut mati.

Jika makroorganisme ini mati tentu tidak ada yang bertugas mengikat unsur karbon sehingga tanah menjadi tandus. Dengan demikian, bahan-bahan kimia memang perlu dihindari.

10. Hidup Minimalis

Masyarakat Indonesia memang masyarakat yang konsumtif. Pola hidup konsumtif tentu tidak baik. Semakin banyak barang yang Anda beli, berarti semakin banyak pula energi yang Anda butuhkan untuk barang-barang tersebut.

Jadi untuk menghemat energi, mulailah sikap ramah lingkungan dengan mengurangi pola hidup konsumtif. Biasakan diri untuk menjadi kreatif memanfaatkan barang-barang lama supaya bisa digunakan kembali, jadi semua tidak harus baru.

sumber : http://bangjuju.com/10-sikap-bijak-ramah-lingkungan

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

10 Sikap Bijak Ramah Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*