aschoolSetiap anak memiliki perilaku yang berbeda-beda karena disebabkan pengaruh lingkungan hidup yang beragam. lingkungan hidup yang baik akan menghasilkan perilaku baik pula pada setiap anak, dan sebaliknya jika lingkungannya tidak baik maka perilaku anak anak akan mempengaruhinya sehingga seorang anak memiliki pribadi yang sika membully, jahil, mencemooh, menertawakan oranglain. dan ini merupakan perilaku yang tidak baik karena pengaruh lingkungannya.

agar seorang anak memiliki lingkungan hidup dan perilaku yang baik, peran orang tualah yang sangat dibutuhkan. karena pendidikan yang di terapkan di keluargalah yang akan memperanguhi sikap seorang anak dalam menanggapi lingkungan di sekitarnya.

pada saat ini banyak kejadian bullying yang di lakukan oleh anak-anak, biasanya kejadian tersebut terjadi pada sekolah-sekolah. namun kejadian bullying ini kurang ditanggapi oleh pihak sekolah atau pun orang lain di luar lingkungan sekolah.  mereka menggap bullying ini hal biasa, dan tidak menggapnya serius. padahal bullying akan sangat berdampak negative pada seorang anak, baik dia yang emmebully atau pun yang menjadi korban pembullyan.

ada beberapa dampak dari seorang anak jika menjadi menjadi korban membullyan, yaitu:

  • Trauma

korban bullyng biasanya akan merasa trauma, apapun kejadian, tempat, atau perilaku yang mengingatkan dia kan kejadian buruknya ketika di bully maka mereka akan merasakan ketakutan berlebihan.

  • Menyendiri

dampak dari seseorang yang di bully yaitu selalu menyendiri dan mengucilkan diri, karena mereka merasa bahwa tidak ada seseorang yang bisa di percaya untuk di dekatinya.

  • Cemas

korban bullying akan selalu merasa cemas karena terus terbayang kejadian membullyan yang terjadi padanya. mereka akan merasa selalu serbasalah apa yang telah dilakukannya, dan tidak akan kosentrasi dalam belajar disekolah.

  • Depresi

bully bisa membuat korban menjadi depresi, dikarenakan mereka merasa terus di tekan namun tidak bisa melawan dan akhirnya menyebabkan mereka menjadi depresi berat  dan rasa takut yang tidak nyaman.

  • Nilai menurun

karena dampak dari bullying membuat mereka menjadi tidak konsntarsi dalam belajar di sekolah, maka nilai sekolahnya pun akan ikut menurun.

maka sebagai orang tua wajib mengawasi perilaku setiap anaknya, jangan sampai seorang anak menjadi korban atau pelaku pembullyan. dan jika sudah terlanjur seorang anak terjerat pada pembullyan, maka harus di tindak keras terutama pada seorang anak yang menjadi korban, ia perlu semangat hidup dan kasih sayang yang tulus dari seseorang.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Dampak jika Seorang Anak menjadi Korban Bullying

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*