Muda bukan berarti kamu terbatasi kan ? Justru kalau kamu ingat “Yang muda yang berkarya”. Kamu yang masih berusia 20 tahun dan 30 tahunan masih memiliki bakat besar di berbagai bidang, termasuk di dunia bisnis. Di hasil riset sebelumnya, diketahui bahwa sebanyak 63,29% pelaku bisnis adalah kaum muda. Pebisnis muda kini bukan lagi hanya mimpi dan cita–cita semata. Siapa saja yang ingin berbisnis dan menghasilkan uang sendiri, bisa dengan mudah mereka lakukan. Bisnis online salah satu jawabannya. Banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis di usia muda.

Apa saja sih sebenarnya? Yuk kita lihat..

1. Membagi waktu

Tidak jarang enterpreneur muda memulai bisnisnya ketika masih menjadi mahasiswa. Sebagai enterpreneur yang merangkap tentu harus bisa membagi waktu antara kuliah dan kerjaan. Kapan harus fokus kuliah, kapan harus fokus kerja, semua harus diperhitungkan dengan matang agar keduanya berjalan dengan baik.

2. Pengalaman

Membuka usaha memang bukan hal mudah. Kamu pasti dituntut untuk tekun, kreatif, cerdas dan kerja keras. Dengan memulai bisnis di usia muda, pengalaman yang diraih makin banyak. Ibaratnya, kamu sudah maju satu langkah dibanding teman-teman seusiamu. Berbisnis juga melatih bertanggung jawab, apalagi jika bisnis sudah memperkerjakan karyawan. Ada tanggung jawab membayar gaji mereka setiap bulan. Pelajaran selama berbisnis lambat laun akan membentuk pribadi menjadi entrepreneur yang matang. Makin banyak pengalaman dan pelajaran yang diperoleh, makin kuat pula pondasi berbisnis di masa depan.

3. Kepercayaan

Saat sedang membangun usaha di usia muda, tak sedikit tantangan yang akan kamu hadapi. Namun, bila kamu tetap survive maka orang lain akan menilaimu gigi dan tangguh serta pantang menyerah mengelola usaha. Keluarga yang mungkin awalnya tidak percaya kamu akan sukses di bidang bisnis, tentu akan senang jika kamu berhasil menunjukkan bahwa kamu bisa. Berawal dari keluarga, lalu kemudian merambah ke pasar yang lebih besar. Semakin banyak yang puas dengan berbisnis denganmu, semakin banyak rekomendasi yang akan datang. Jangan pernah remehkan sistem rekomendasi, karena sangat efektif mendatangkan pelanggan.

4. Finansial

Dengan kamu memulai usaha sendiri, kamu tentu akan mendapatkan penghasilan. Berapapun penghasilan awal yang didapat tentu akan membuat kamu senang dan bangga. Bisa menghasilkan uang dari jerih dan payah sendiri, tanpa meminta orang tua, tanpa ikut bekerja di tempat orang lain. Kamu bisa mempersiapkan modal yang lebih besar tentunya.

5. Networking semakin luas

Networking itu penting dalam bisnis. Saat menjalankan bisnis, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang banyak pengalaman dalam dunia bisnis. Kamu bisa menjalin relasi dengan orang-orang yang belum kamu kenal. Kamu akan mendapatkan pelajaran bisnis yang berharga dari mereka. Kamu bisa menjalin komunikasi dalam sebuah komunitas bisnis. Dari sini, kamu memperoleh kesempatan untuk menawarkan produk atau jasa kepada mereka. Dengan memperkuat networking maka peluang berkembangnya usaha juga akan terbuka lebar.

6. Profesionalisme

Dengan kamu bekerja sejak muda maka akan melatih keprofesionalan kamu. Sejak muda kamu terlatih untuk bertemu dengan banyak orang, bernegoisasi dengan banyak orang. Hal ini tentu akan menjadikan dirimu secara tidak langsung menjadi sesorang yang profesional.

7. Kemampuan bertambah

Jika sejak muda sudah merintis karir menjadi pebisnis, berarti sudah pernah mengalami jatuh bangun dalam hal bisnis juga. Dalam bisnis kemampuan kamu akan di asah. Apakah kamu seseorang yang kreatif ? Apakah kamu penjual yang baik ? Apakah kamu pengelola keuangan ? Dari semua yang sudah kamu lalui, kamu diberi kesempatan untuk mencari tahu. Dengan belajar sesuatu yang baru dan langsung dipraktekkan tentu akan menjadi poin tambah untuk kamu. Jika pertama gagal, maka untuk kedepannya kamu akan melakukan sesuatu yang baru agar hal tersebut tidak terulang kembali.

8. Menjadi mental baja

Dalam bisnis, adalah hal biasa untuk jatuh dan bangun. Kamu harus bersyukur jika memulai bisnis di usia muda. Jika kamu jatuh pun, kamu masih memiliki banyak waktu, usaha dan kesempatan untuk memulai lagi.

9. Mengasah kemampuan bahasa asing

Jika kamu berbisnis di sektor yang meng impor barang dari luar negeri ataupun ada pembeli yang dari luar negeri tentu kamu dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Disini kemampuan kamu soal bahasa asing akan bertambah karena langsung di praktekkan berbicara dengan orang luar.

10. Melatih kepekaan

Sebagai penjual kamu harus peka terhadap pelangganmu. Ketahui apa yang diingini pelangganmu, apa saja yang harus kamu lakukan dan tidak lakukan terhadap pelanggan, apa saja yang harus kamu terhadap tren terkini.

11. Jaminan di hari tua

Membangun bisnis di usia muda tergolong berani dan hebat. Menandakan kamu berani menghadapi risiko yang terjadi saat menjalankannya. Kamu adalah tergolong orang yang hebat, karena bisa menghabiskan waktu untuk hal-hal berguna saat belum menua. Kamu mempersiapkan untuk kenyaman hari tua mu nanti.

Mulailah berbisnis sejak usia dini, jangan takut mengambil resiko, dan fokus dalam menjalaninya dan tetaplah junjung tinggi rasa nasionalisme kita dengan identitas kekayaan bangsa Indonesia karena kalau bukan kita yang membanggakan negara ini siapa lagi yang akan melakukannya.

sumber : http://mebiso.com/11-keuntungan-yang-akan-kamu-dapatkan-saat-berbisnis-di-usia-belia

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

11 Keuntungan Berbisnis di Usia Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*