Kejujuran sangatlah penting diterapkan sejak dini. Sebab seseorang yang memiliki kejujuran yang tinggi dapat membantu dalam kehidupan kedepannya. Jujur merupakan salah satu karakter yang terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Baik dalam lingkungan keluarga masyarakat maupun lingkungan pendidikan. Banyak sekali manfaat manfaat yang akan kita peroleh jika kita membiasakan hidup dengan jujur

Manfaat kejujuran dalam kehidupan :

1. Memiliki banyak teman

Seseorang yang Membiasakan perilaku jujur sejak kecil akan memiliki banyak teman sebab dengan berperilaku jujur maka teman-teman atau orang yang ada di sekitar kita akan memiliki kepercayaan kepada kita. Sehingga secara tidak sengaja banyak orang atau teman yang akan mendekati kita. Jujur merupakan salah satu perilaku yang terpuji untuk itu Mengapa memiliki sifat jujur akan mendapatkan suatu hal yang berguna atau baik untuk diri kita. Memiliki banyak teman dapat membuat kita bahagia dan tertawa, bahagia dan manfaat tertawa memiliki manfaat yang baik bagi diri sendiri .

2. Meningkatkan percaya diri

Membiasakan perilaku jujur terutama didalam prestasi akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu kita juga dapat mengukur sampai mana kemampuan yang kita miliki dalam pelajaran pelajaran tertentu. Membiasakan sifat jujur juga tidak akan merugikan diri kita sebab hal tersebut akan membantu kita untuk melakukan kehidupan kedepannya. Rasa percaya diri akan terus tumbuh ketika kita membiasakan perilaku jujur. Karena dengan melakukan perilaku jujur kita dapat benar-benar mengukur kemampuan yang kita miliki. Tidak hanya hidup jujur, tetapi manfaat membaca buku dan manfaat hidup mandiri juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

3. Disayang Allah

Perilaku jujur merupakan salah satu perilaku yang disukai Allah karena perilaku jujur merupakan perilaku yang terpuji. Sesungguhnya Allah menyukai hamba-hambanya yang memiliki perilaku perilaku terpuji. Tidak hanya jujur selain jujur ada beberapa perilaku perilaku terpuji yang dapat kita lakukan diantaranya sabar, suka menolong, menghormati orang tua, rajin beribadah dan hal-hal lainnya yang ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Seseorang yang disayangi atau dicintai oleh Allah akan memiliki kemudahan untuk menjalani kehidupan ini sebab Allah akan menolong hamba-hambanya yang dekat dengannya. Tidak hanya kejujuran tetapi manfaat perilaku tawakal juga dapat membuat kita disayang Allah.

4. Merasakan bahagia

Membiasakan sikap jujur memang sangatlah sulit jika tidak dibiasakan sejak dini. Selain memiliki sikap jujur kita juga harus memiliki sikap kedewasaan. Sebab jika kita memiliki sikap jujur tapi tidak diimbangi dengan sikap kedewasaan dihawatirkan dapat menyebabkan seseorang merasa Tersakiti. Memang sulit namun pada kenyataannya kejujuran dapat menyebabkan kita merasakan kebahagiaan tersendiri yang di mana kebahagiaan tersebut tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Disayangi guru dan juga orang tua

Orang tua maupun guru akan menyukai anak-anaknya atau muridnya yang berlaku jujur. Untuk itu Mengapa sikap jujur dapat menimbulkan rasa simpati ataupun menjadikan rasa sayang kepada seseorang yang berlaku jujur. Berlaku jujur memang bukan suatu hal yang mudah namun hal ini harus kita biasakan. Agar negara Indonesia ini menjadi negara yang makmur dan Sentosa. Kebohongan Kebohongan sekecil apapun akan berimbas kehidupan kedepannya. Untuk itu Mengapa dalam keluarga maupun dalam sekolah harus membiasakan anak bersikap jujur.

6. Kejujuran menciptakan kenyamanan

Baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga dan masyarakat melakukan atau bersikap jujur akan membuat seseorang merasa nyaman. Tidak hanya pada seseorang dengan membiasakan sikap jujur juga akan membuat diri kita merasa nyaman tenang dan juga damai.

7. Dapat dipercaya

Salah satu keuntungan terbesar membiasakan sikap jujur adalah dipercaya oleh masyarakat keluarga maupun guru dan teman-teman kita. Membangun diri untuk menjadi seseorang yang dipercaya oleh banyak orang memang tidak mudah untuk itu Mengapa kejujuran perlu ditanamkan.  Dengan membiasakan sikap jujur juga akan menghindarkan kita dari tuduhan tuduhan yang tidak kita lakukan. Sebab kita sudah memiliki image yang baik di masyarakat.

8. Meningkatkan prestasi

Membiasakan berperilaku jujur terutama dalam dunia pendidikan dapat mempermudah kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang belum kita ketahui. Dan dapat mengukur sejauh mana kita menguasai suatu materi tertentu sehingga matahari materi yang belum kita kuasai dapat kita pelajari lebih dalam. Dengan mengetahui hal-hal atau materi-materi yang belum kita kuasai dan kita berusaha untuk mempelajarinya lebih dalam dapat meningkatkan prestasi kita.

9. Mendapat pujian

Meskipun bagi seseorang yang terbiasa berperilaku jujur tidak menginginkan pujian namun pujian pujian tersebut pasti akan datang. Sebab orang lain pasti menyukai seseorang yang membiasakan berperilaku jujur karena seseorang yang perilaku jujur tidak akan merugikan orang lain bahkan orang tersebut malah akan membantu kelancaran orang lain. Hal ini yang menyebabkan Mengapa seseorang yang membiasakan berperilaku jujur akan sering mendapat pujian. Namun bagi seseorang yang mendapat pujian juga harus dapat mengontrol diri agar tidak menjadi sombong karena banyaknya pujian-pujian yang telah didapatkan karena perilaku terpuji tersebut. Karena jika kita menjadi sombong karena hal tersebut itu akan merugikan diri kita sendiri. Untuk itu sangat penting bagi kita dapat mengontrol diri kita agar tetap terkondisikan dan tetap bermanfaat untuk orang lain.

10. Mendapatkan pahala

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa perilaku jujur adalah termasuk perilaku yang terpuji untuk itu Mengapa seseorang yang memiliki perilaku jujur akan mendapatkan pahala. Selain mendapatkan pahala untuk tabungan di akhirat seseorang yang jujur juga mendapatkan keuntungan keuntungan lain di dunia. Untuk itu biasakanlah berperilaku jujur karena berperilaku jujur tidak akan merugikan kita maupun orang lain. Manfaat dzikir juga dapat menambah pahala.

11. Mendapat kebaikan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain

Memang manfaat kejujuran sangatlah banyak baik untuk diri kita maupun untuk orang lain. Salah satu manfaat kejujuran untuk diri kita sebagian telah dijelaskan di atas bahwa kejujuran juga akan membuat kita dapat dipercaya meningkatkan prestasi disayangi orang lain baik orang tua keluarga maupun teman. Sedangkan manfaat kejujuran untuk orang lain adalah akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah dan lain sebagainya.

”Hadis dari Abdullah bin Mas’ud ra. Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud ra., Rasulullah Saw. bersabda : ”Hendaklah kamu berlaku jujur karena kejujuran menuntunmu pada kebenaran, dan kebenaran menuntunmu ke surga. Dan sesantiasa seseorang berlaku jujur dan selalu jujur sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah olehmu berlaku dusta karena kedustaan menuntunmu pada kejahatan, dan kejahatan menuntunmu ke neraka. Dan seseorang senantiasa berlaku dusta dan selalu dusta sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai pendusta.” (HR. Muslim)
sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-memiliki-perilaku-kejujuran

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

11 Manfaat Perilaku Kejujuran Bagi Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*