Mungkin kita sudah sangat sering mendengar mengenai pencemaran air tanah, lalu apakah yang dimaksud dengan pencemaran air ? Pencemaran air adalah suatu proses terkontaminasinya air dengan bahan-bahan kimia maupun non kimia yang memiliki banyak kandungan yang tidak baik atau yang biasa disebut dengan zat polutan. Sekarang ini bukan hal yang susah lagi untuk menemukan sumber air yang tercemar. Banyak sekali, contohnya adalah sungai yang berada di sekitar pembuagan sampah maka memiliki warna yang berbeda, bau yang berbeda, bahkan rasa yang berbeda. Nah inilah yang dapat disebut bahwa air telah tercemar.

Cara Mencegah Pencemaran Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Air menjadi penopang hidup bagi semua makhluk hidup baik itu manusia, binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Air yang bersih merupakan aset yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup karena fungsinya yang diperlukan bagi setiap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya. Maka dari itulah pencemaran air harus sangat dicegah sebisa mungkin. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau mengurangi pencemaran air tanah adalah menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, khususnya yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Beberapa bahan yang bisa dialihkan dengan bahan yang ramah lingkungan adalah bahan bakar, sabun atau pembersih, obat-obatan dan lain sebagainya.

  1. Melakukan pengolahan limbah dengan benar

Limbah memang merupakan penyebab polusi air yang paling umum kita temui. Banyak kegiatan yang menghasilkan limbah yang akan mencemari air, mulai dari industri, perdagangan, rumah tangga hingga di sektor pariwisata. Semua limbah ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi air. Karena memang tidak bisa dicegah adanya, maka kita perlu mengetahui dan melakukan pengolahan limbah secara efektif dan juga tepat agar nantinya limbah tidak menjadi polutan yang mencemari air. Pengolahan yang dilakukan dapat berupa pengolahan secara tradisional maupun diolah dengan menggunakan teknologi tertentu untuk menghasilkan limbah yang tidak merugikan.

  1. Menjauhkan sumber polutan dari sumber air

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air adalah dengan menjauhkan polutan atau sumber polusi dari sumber air, khususnya sumber-sumber air yang vital atau digunakan oleh banyak masyarakat. Lalu caranya bagaimana? Caranya dengan mendirikan kawasan industri yang jauh dari sumber air yang digunakan oleh warga. Kawasan industri bisa didirikan di tempat yang masih sepi dan belum banyak penduduknya.  Dengan berada di jauh dengan sumber air masyarakat maka limbah yang dihasilkan oleh kegiatan industri bisa lebih terkontrol .

  1. Tidak mendirikan kawasan industri yang dekat dengan sumber air

Bagi para pelaku industrial yang memiliki kekuasaan untuk mendirikan pabrik atau sebangsanya, maka dengan tidak mendirikan pabrik di dekat sumber air akan sangat membantu sebagai upaya melestarikan lingkungan sungai sekitarnya. Hal ini karena limbah yang akan dihasilkan pabrik tidak akan mencemari sumber air masyarakat.

  1. Tidak membuang sampah di sungai atau sumber air lainya

Nah, ini yang selalu diajarkan oleh pemerintah untuk mendidik rakyat agar bisa lebih mencintai lingkungannya. Banyak masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya membuang sampah dengan tertib. Banyak orang yang masih membuang sampah rumah tangga mereka ke sungai. Padahal sampah-sampah yang mereka buang tersebut akan mencemari ekosistem sungai dan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan menghambat aliran air sungai, akibatnya akan terjadi banjir. Selain itu air sungai yang telah ditumpuki sampah ini akan membuat sungai menjadi kotor, bau dan berwarna yang airnya tidak bagus untuk dikonsumsi.

  1. Menggunakan detergen yang ramah lingkungan

Detergen adalah salah satu benda yang tidak lepas dari kegiatan rumah tangga. Detergen yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga kebanyakan mengandung bahan kimia yang jumlahnya sangat banyak. Biasanya hal ini ditandai dengan busa yang melimpah  ruah. Ketika selesai mencuci maka beberapa orang akan membuangnya ke sungai dan sebagainya. Hal ini akan memberikan efak yang tidak baik seperti matinya mikroorganisme. Maka dari itulah sudah saatnya kita menggunakan detergen yang ramah lingkungan

  1. Tidak menggunakan pestisida dengan berlebihan

Bagi para petani khususnya, pengunaan pestisida memang sangat penting, begitu pula dengan pupuk kimia. Kedua barang ini sudah menjadi senjata bagi petani untuk memperoleh keuntungan karena dapat menghsilkan tanaman yang berkualitas. Namun tanpa disadari ketika petani menggunakan pestidisa dan pupuk kimia secara berlebihan, maka hal itu dapat mencemari lingkugan sekitarnya termasuk lingkungan air dan ekosistem darat.

  1. Tidak menggunakan pupuk kimia berbahaya yang berlebihan

Bukan hanya pestisida saja, namun penggunaan pupuk kimia juga perlu diatur. Penggunaan pupuk yang berlebihan akan menyebabkan banyak binatang mati karena keracunan bahan kimia dari pupuk tersebut.

  1. Rutin melakukan upaya pembersihan sumber air

Acara bersih kali atau bersih pantai merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran air tanah.

  1. Menanam pohon

Pohon merupakan penghasil oksigen sekaligus sebagai pembersih sungai alami yang jitu. Semakin banyak kita menanam pohon maka makin banyak pula udara serta air bersih yang akan kita dapatkan karena akar pepohonan yang menyimpan dan menguncinya di dalam tanah.

  1. Kelola sampah dengan baik

Dengan mengelola sampah kita sendiri, maka kita melakukan tindakan pencemaran air. Sampah yang bisa kita kelola mulai dari sampah kita sendiri seperti plastik, kaleng dan lain sebagainya. Dengan mengelola sampah dengan cara yang baik maka kita akan menuai keuntungan berupa kebersihan.

  1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan polusi tidak hanya di udara namun juga di air. Untuk menguranginya maka salah satu caranya yaitu dengan mengurangi kegiatan yang melibatkan bahan bakar seperti memakai kendaraan bermotor.

Itulah beberapa penyebab dari terjadinya pencemaran air. Banyak limbah yang dapat menyebabkan pencemaran air, semoga bermanfaat bagi kita semua.

sumber : https://ilmugeografi.com/bencana-alam/cara-mencegah-pencemaran-air

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

12 Cara Mencegah Pencemaran Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*