Screen Shot at

 

Allah SWT berfirman dalam al-quran :

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Shalat Tahajjud (Qiyaamul Lail) adalah shalat sunnah yang dilakukan seseorang setelah ia bangun dari tidurnya di malam hari meskipun tidurnya hanya sebentar. Sangat ditekankan apabila shalat ini dilakukan pada sepertiga malam yang terakhir karena pada saat itulah waktu dikabulkannya do’a.

Hukum shalat Tahajjud adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan). Shalat sunnah ini telah tetap berdasarkan dalil dari Al-Qur-an, Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan ijma’ kaum Muslimin.

Shalat tahaJjud adalah shalat sunnah yang istimewa, karena pada shalat tahajjud lah doa mudah di ijabah oleh Allah SWT, dan banyak pula keutamaan yang didapat ketika mengerjakannya. Berikut penjelasannya :

Jaminan masuk surga

Orang yang melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam dengan hati yang ikhlas maka jaminannya adalah surga, sebagaimana rasulullah saw bersabda : “Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat, “ (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Penghapus dosa dan mencegah diri berbuat dosa

Shalat tahajud adalah shalat yang paling utama setelah shalat fardhu dan di kerjakannya pun di waktu tengah malam, maka hanya orang shaleh lah yang mampu mengerjakannya.  Shalat tahajud adalah sarana kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan cara untuk mengauhkan diri dari dosa serta penghapus dosa. Rasulullah saw bersabda :

“Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan.”

Tanda taqwanya terlihat pada wajah

Orang yang selalu mengerjakan shalat tahajud akan terlihat pada wajhnya yang bersinar, karena itulah bukti ia yang sudah bertaqwa kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintahnya. Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah SAW bersabda:
“Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan: “Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan shalat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akaan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim 1163).

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

3 Keutamaan Shalat Tahajud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*