Islam adalah agama yang sempurna, Islam datang sebagai rahmat seluruh alam. Salah satu bukti rahmat tersebut adalah islam memerintahkan untuk memuliakan tamu dan tetangga, tanpa memandang agama maupun golongan.

Penghormatan pada sang tamu tidaklah terbatas pada tutur kata yang halus tapi juga dengan perbuatan yang menyenangkan, seperti memberikan jamuan walau seadanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Berikut beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan bagi siapapun yang memuliakan tamunya.

1. Seperti Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

balasan memuliakan tamu

Ibnu Abas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan bahwasannya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :

“Jika ada tamu masuk ke dalam rumah seorang mukmin, maka akan masuk bersama tamu itu seribu berkah dan seribu rahmat. Allah akan menulis untuk pemilik rumah itu pada setiap kali suap makanan yang dimakan tamu seperti pahala haji dan umrah.”

2. Menghapus Dosa Pemilik Rumah

balasan memuliakan tamu

Tamu membawa rezekinya sendiri serta merta membawa sesuatu yang akan menjadikan terhapusnya dosa pemilik rumah.

Sebagaimana dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :

“Wahai sekalian manusia, janganlah kalian membenci tamu. Karena sesungguhnya jika ada tamu yang datang, maka dia akan datang dengan membawa rezekinya. Dan jika dia pulang, maka dia akan pulang dengan membawa dosa pemilik rumah.”

Demikian juga yang diriwayatkan dalam hadis Ali Ibn Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu bahwa kepada Ali beliau bersabda :

“Wahai Ali, jika kamu dikunjungi oleh tamu, maka ketahuilah bahwa Allah Ta’ala telah memberikan anugrah kepadamu. Sebab Dia telah mengutus sesuatu yang bisa menyebabkan dosamu diampuni.”

3. Seluruh Penghuni Rumah Akan Disinari Oleh Cahaya Kebaikan

balasan memuliakan tamu

Cahaya kebaikan akan menyinari bukan saja hanya kepada pemilik rumah, akan tetapi juga kepada semua orang yang menghuni rumah tersebut, seberapapun banyaknya dan seburuk apapun keimanan mereka. Sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Mu’adz Ibnu Jabal radhiyallahu ‘anhuma. :

“Tidak ada satu rumahpun yang dikunjungi oleh tamu, kecuali Allah Tabaarak wa Ta’ala mengutus ke rumah tersebut satu malaikat yang menyerupai burung selama empat puluh hari sebelum tamu itu sampai. Malaikat itu akan menyeru : ‘Wahai pemilik rumah si fulan ibn si fulan, tamu kalian akan datang pada hari ini dan itu. Sedangkan balasan dari Allah adalah ini dan itu.’ Para malaikat yang diwakilkan untuk menjaga rumah itu berkata : balasan apa lagi yang akan diterima?’ Maka keluarlah malaikat tadi kepada mereka dengan membawa sebuah catatan yang tertulis : ‘Allah telah mengampuni penghuni rumah tersebut, meskipun jumlah mereka seribu.’”

“Tidak ada seorang hamba mukminpun yang memuliakan seorang tamu ikhlas karena Allah Yang Maha Dermawan, kecuali Allah akan memperhatikannya sekalipun dia berada di antara kerumunan orang. Seandainya tamu yang datang termasuk ahli surga dan pemilik rumah ahli neraka, maka Allah Ta’ala menjadikan pemilik rumah tersebut termasuk ahli surga karena telah memuliakan tamunya.”

sumber : https://satujam.com/balasan-memuliakan-tamu

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

3 Pahala Bagi Kamu yang Memuliakan Tamu dengan Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*