Beggar x

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi semua umatnya baik  untuk si dia yang miskin atau pun kaya. karena harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih. dan dengan melakukan sedekah maka akan membersihkan harta yang kita milik.

Masih masih banyak pula manfaat bersedekah bagi kita, dan berikut beberapa keutamaan bersedekah, yaitu :

  • Penghapus dosa

Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Maka bersedekah lah, karena sedekah adalah suatu ibdah yang tak ada batas nominal nya dan tidak hanya berbentuk uang saja. bahkan dengan memberi senyuman kepada orang lain pun kita sudah melakukan sedekah.

  • Panjang umur

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

  • Mendapat naungan di hari akhir

Rasulullah telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda:Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari)

  • Menambah harta kekayaan

Sedekah yaitu meluaskan, melapangkan dan akan membuka pintu rezeki, maka kita tidak perlu khawatir menjadi miskin jika bersedekah karena semua itu akan  di balas oleh Allah SWT. dengan di lipat gandakan hartanya.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah“.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

  • Memisahkan diri dari neraka

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda:“Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka“.

Bersedekah itu tidak hanya harta, jika memiliki makanan, pakaian, atau hal apapun yang bisa bermanfaat untuk orang lain juga termasuk sedekah.

Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)

  • Memadamkan panasnya alam kubur

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

  • Mendatangkan kelapangan dada dan kebahagiaan

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

7 Keutamaan Bersedekah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*