PicsArt

Alasan seseorang sulit memaafkan biasanya adalah karena hal tersebut sudah melukai hati nya yang paling dalam. Tetapi dalam Islam sebesar apapun kesalahan tersebut, kita sebagai manusia harus mampu dan wajib untuk memaafkannya. Karena dengan begitu kita bisa terhindar dari bahaya tidak memaafkan orang lain, yaitu menghancurkan rantai dendam dalam diri dan melangkah menuju ke kehidupan yang lebih baik sebagaimana diterangkan dalam ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits bahwa ketika manusia memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain, maka Allah akan memberikan kepadanya ketenangan jiwa dan kekuatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika kita seorang muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT, kita wajib memberi maaf atas kesalahan orang lain tanpa harus ada permintaan maaf dan mempermasalahkan lagi kesalahan yang diperbuatnya. Jika kita berbuat dosa kepada orang lain, kita wajib meminta ampun kepada Allah.

Maaf dan Memaafkan dalam Al-Qur’an merupakan sesuatu hal yang sangatlah penting diketahui dan dilakukan oleh kita umat manusia, terutama kita sebagai umat Muslim. Allah mengajarkan kepada kita tentang maaf memaafkan sesama manusia, dan sebagai seorang muslim wajib memaafkannya seseorang yang khilaf berbuat salah, lalu meminta maaf. Karena memaafkan seseorang yang meminta maaf merupakan ciri seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, seperti yang sudah tertulis di beberapa ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadist Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Ayat Ayat Al-Qur’an:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

(QS. Al-Imran: 133-134).

Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

(QS. Al-A’raf : 199).

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun

(QS. Al-Baqarah : 263).

Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Kuasa.”

(QS. An-Nisa : 149).

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”

(QS. Asy-Syura : 43).

Meminta maaf di dalam Al-Qur’an tidak ditemukan ayat meminta maaf atas perbuatan yang telah kita perbuat kepada seseorang. Akan tetapi di dalam Al-Qur’an kita diajarkan untuk selalu meminta ampunan kepada Allah SWT, karena apabila kita berbuat kesalahan kepada orang lain, sesungguhnya kita telah berbuat dosa. Yang dapat mengampuni dosa-dosa kita adalah Allah SWT, sehingga kita meminta ampunan dari Allah SWT atas dosa kita tersebut.

 

 

 

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Meminta Maaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*