qs

Bohong adalah tindakan atau perkataan yang salah di sampaikan kan seseorang kepada orang lain agar bisa di percaya namun tidak sesuai fakta yang sebenarnya.

Tidak akan ada manusia yang terima jika di bohongi, baik itu di bohongi untuk menutupi hal baik atau buruk. Islam sangat mengharamkan perbuatan berbohong atau dusta, karena perbuatan tersebut merupakan penyebab timbulnya kejelekan serta kerendahan bagi umat manusia. Jadi mereka yang suka berbohong, islam menganggap bahwa itu adalah perilaku orang yang tidak beriman. Allah SWT berfirman :

إنما يفتري الكذب الذين لا يؤمنون بآيات الله وأولئك هم الكاذبون

Artinya “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah oran gyang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah pembohong.” (QS. An-Nahl ayat 105)

Bukan itu saja, banyak dampak yang akan kita terima jika sering berbohong diantaranya sebagai berikut :

Kunci kemunafikan

Dari Abdullah bin Amru bin Al’Ash ra Rasulullah saw bersabda yang artinya :

 “Empat perkara apabila ada padanya maka ia telah menjadi munafik sebenar, jikalau ada satu bagian saja dari mereka, maka ia mempunyai satu bagian kemunafikan hingga ia meninggalkannya. Apabila bercakap dia berdusta, bila melakukan perjanjian dia khianat, apabila berjanji dia ingkar dan apabila berselisih dia jahat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Tidak ada yang mempercayai

Tidak ada manusia yang suka jika di bohongi, apalagi jika ia selalu di bohongi. Mendapat kepercayaan itu sulit, maka jika kita selalu berbohong ke pada orang lain mka kita tidak dapat di percayainya kembali, bahkan tidak akan ada orang mau berteman dengan seorang pembohong.

 

Menghantarkan kepada api neraka

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan menghantarkan kepada surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kelaliman, dan kelaliman itu akan menghantarkan ke arah neraka. Seseorang yang terus menerus berbuat bohong akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dilaknat OLEH Allah SWT

Allah SWT berfirman :

dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” (QS. Al- Baqarah ayat 10)

Hidup tidak berkah

Dari Hakim bin Hizam ra dari Nabi saw bersabda :

“Dua orang yang berjual beli bagi keduanya khiyar (pilihan) sebelum berpisah, jikalau keduanya jujur dan menjelaskan (barangnya dengan jujur) maka keduanya diberkati dalam jual-beli mereka, dan apabila keduanya berdusta dan menutupi maka dihilangkanlah berkat jual beli mereka.” (Riyadlush Shalihin jilid 4 hal 193)

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

 

 

Akibat Jika Berbohong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*