prblm

 

Masalah (bahasa Inggris: problem) didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Bisa jadi kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan.

Setiap manusia pasti akan di uji dengan masalah oleh Allah SWT. Ujian yang telah allah beri kepada kita ini tak lain hanya untuk memperkuat ke imanan kita saja. Bisakah kita menyelesaikan masalah ini, atau malah kita menyelesaikan masalah dengan cara yang di larang oleh Allah swt.

Oleh sebab itu, islam mengajarkan kepada umatnya agar lebih bersifat tenang terlebih dahulu jika dihadapkan suatu perkara. Harus banyakdiperhatikan bagi umat muslim agar dapat mengatasi suatu masalah tanpa harus menghalalkan segala cara dan terhindar dari perilaku yang dibenci oleh Allah SWT.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi sebuah masalah dengan cara yang apa yang telah allah perintahkan? Berikut macam-macam cara untuk mengatasi masalah yang akan di selesaikan :

  • Sabar

Kata sabar berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata sobaro yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah, sabar adalah menahan diri dari segala macam bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi segala sesuatu yang tidak disukai dan dibenci, untuk itu dengan adanya masalah yang terjadi pada kita, lebih baik kita menerimanya dengan ikhlas dan bersabar dalam menghadapinya.

  • Istigfar

Agama islam mengajarkan jiks untuk menyelesaikan masalah lebih baik kita beristigfar. makna Istighfar tidak terletak pada pengucapannya, namun pada seberapa dalam seseorang yang beristighfar memaknai dan menghayati apa yang ia ucapkan, dalam konteks yang lebih jauh lagi, agar ia terus mengingat Tuhan di saat ia tergoda untuk melakukan perbuatan dosa, dan apabila telah melakukan dosa, maka istighfar adalah titik baginya untuk bertekad tidak mengulangi perbuatannya.

  • Mendirikan shalat

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Aid Al-Qarni dalam buku fenomenalnya La Tahzan menuturkan bahwa jika Rasulullah diimpa sebuah ketakutan, maka beliau akan segera melakukan shalat. Suatu waktu beliau berkata kepada Bilal, “Ketenanganku ada pada shalat.”

Lebih lanjut Aid Al-Qarni menjelaskan, “Jika hati terasa menyesak, masalah yang dihadapi terasa sangat rumit dan tiup muslihat sangat banyak, maka bersegeralah datang ke tempat shalat, dan shalatlah.”

 

  • Berdoa

Ketika diteerpa sebuah masalah, allah hanya memberi kode saya kepada umatnya agar mereka lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Ketika kita diberi masalah lebih baik mendekatkan diri kepada sang pemberi masalah, dengan terud berdoa dan meminta ampun agar kita bisa dikuatkan dalam menghadapi masalah yang terjadi.

 

Ketika di terpa masalah lebih baik kita menanggapinya dengan tenang dan tidak emosional. Fungsi sikap tenang dan tidak mudah emosional adalah untuk menenangkan pikiran dan membantu kita untuk menyelesaikan masalah dengan pemikiran yang logis guna untuk mencari penyelesaian dari semua maslahnyang ada.

 

 

Sumber : http://blog-jummiramadanil.blogspot.co.id/2013/04/cara-menghadapi-masalah-menurut-agama.html

http://www.spengetahuan.com/2016/10/pengertian-sabar-dalam-islam-beserta-dalilnya-terlengkap.html

http://www.bacaanmadani.com/2016/05/keajaiban-istighfar-untuk-mengatasi.html

https://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2014/02/25/17170/sabar-dan-shalat-obat-hadapi-masalah.html

 

 

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

Cara Mengatasi Masalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*