blue sky falling leaves

 

Seseorang yang sering melakukan kebaikan atau ibadah belum tentu mendapatkan ridha dari Allah SWT. Ridha itu artinya rela, mencari ridha Allah artinya mencari apa yang membuat Allah rela pada kita. Maka seorang yang memiliki prinsip hidup mencari ridha Allah adalah mereka yang menuhankan Allah sekaligus memiliki prinsip Lailahaillallah. Dan jika kita kita rutin mengerjakan ibadah namun tidak diniatkan dan berserah diri pada Allah untuk mendapatkan ridha allah, karena yang dilakukannya hanyalah sebuah kepaksaan dan agar terlihat oleh orang lain, maka semuanya akan sia-sia saja. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Dan di antara manusia ada yang mengorbankan dirinya untuk meraih keridhaan Allah. Dan Allah Maha Penyantun terhadap hamba-hamba-Nya”. (Al-Baqarah ayat 207)

Manusia sebagai makhluk Allah memang tidak ada yang pernah tau apakah amalan kita kerjakan selama ini di ridhai oleh Allah atau tidak, dan tak ada yang tahu pula amalan seperti apa yang akan membawa kepada keridhaan Allah SWT. namun bukan berarti keridhaan tersebut tidak bisa di capai, karena da beberapa hal yang dapat di capai untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT, yaitu :

  • Takut kepada Allah

Sebagaimana firman Allah SWT : “Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.” (Surat Al-Bayyinah Ayat  8)

Takut kepada Allah merupakan suatu wujud kita menyadari dan mengenal siapa Allah dan siapa diri kita, dan hanya bisa di rasakan oleh seorang mukmin yang bertaqwa kepada Allah SWT.

hal ini tercantum dalam firman allah : “… Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Fathir ayat 28)

  • Berbakti kepada orang tua

 

عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى

رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ ( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم)

 

Artinya : dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a. ia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “ Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. ( H.R.A t-Tirmidzi. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

  • Beriman, berhijrah, dan berjihad

Beriman, berhijrah, dan berjihad dijalan Allah merupakan perbuatan atau suatu ibadah yang bisa mendapakan ridha dari Allah SWT.sebagaimana di sebut dalam firman-Nya : “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat daripada-Nya, keridaan dan surga, mereka memperoleh di dalamnya kesenangan yang kekal” (At-Taubah ayat 20-21)

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Cara Meraih Ridha Allah SWT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*