hujan deras guyur sidoarjo sekolah dasar terendam banjir

 

Menurut KBBI atau Kamus Besar  Bahasa Indonesia, pengertian banjir adalah berair banyak dan juga deras, kadang-kadang meluap. Hal itu dapat terjadi sebab jumlah air yang ada di danau, sungai, ataupun daerah aliran air lainnya yang melebihi kapasitas normal akibat adanya akumulasi air hujan atau pemampatan sehingga menjadi meluber.

factor-faktor terjadinya banjir banyak, baik itu karena alam ataupun kesalahan manusia. namun agar kita lebih paham mari simak ulasan berikut mengenai apa saja factor penyebab terjadinya banjir :

Membuang sampah sembarang

masih banyak warga yang tak sadar akan kedisplinan untuk membuang sampah pada tempatnya, baik dari rakyat kelas atas maupun kelas bawah. meskipun telah diperingatkan beberapa kali masih saja banyak sampah yang berserakan di sungai dan bisa mengakibatkan kebanjiran.

karena sampah yang dibuang ke sungai atau aliran air lainnya akan menjadi tersumbat sehingga dapat meluap dan menyebabkan terjadinya banjir.

Curah hujan tinggi

Penyebab banjir disebabkan karena faktor cuaca. Apabila terdapat daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan terjadi berlarut-larut dalam jangka waktu lama, maka memiliki resiko yang besar untuk terjadi banjir terlebih jika berada di dataran rendah.

Bendungan jebol

bendungan yang pembangunannya tidak benar dan pemeliharan kurang baik bisa mengakibatkan bendungan tersebut jebol. bendungan yang jebol bisa mengakibatkan banjir yang besar dan begitu cepat, bahkan bisa mengancam jiwa orang hidup di sekitaran bendungan.

 

Penebangan hutan liar

hutan sangat bermanfaat bagi manusia, salah satunya akar pepohonan yang ada di hutan bisa menyerap air lebih kuat. maka jika banyak hutan-hutan yang di tebang secara liar maka akan dengan mudah terjadi bencana banjir.

 

Tanah tidak mampu menyerap air

jika jarangnya ditemukan lahan hijau atau lahan yang kosong maka tanah tidak mampu menyerap air, sehingga air akan langsung masuk ke saluran, selokan, sungai, danau. dan air dengan jumlah yang sangat banyak dan deras tidak dapat di tampung oleh saluran-saluran air tersebut, mengakibatkan air menggenang dan terjadinya banjir.

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

Faktor-Faktor Terjadinya Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*