bullyKata Bullying sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat, karena di indonesia ini masih banyak kasus bullying yang terjadi dan biasanya terjadi dikalangan pelajar.

Lingkungan hidup dan pergaulan akan mempengaruhi karakteristik seorang anak. maka pembullyan bisa terjadi karena seorang di pengaruhi oleh lingkungan dan pergaulannya. lingkungan hidup dan pergaulannya yang salah akan membuat seorang anak memiliki sifat yang brutal dan agresif, salah satunya menjadi pelaku bullying

Namun perlu diketahui bullying ini terjadi bukan hanya karena kesalahan dari lingkungan hidup dan pergaulannya. banyak faktor-faktor penyebab seorang anak menjadi pelaku bullying, diantranya adalah :

  • Kurang perhatian

kurang perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua sangat mempengaruhi perilaku seorang anak. karena jika seorang anak tidak mendapatkan haknya yaitu mendapatkan sebuah perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya, maka akan membuat seorang anak mencari perhatian dilingkungan sekitarnya.

ada yang memilih dengan menunjukan kemampuan dan prestasinya, dan ada pula sebaliknya yang malah berbuat onar atau keributan demi mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tuanya.

  • pernah menjadi korban kekerasan

pernah menjadi korban kekerasan bisa mendorong seorang anak menjadi pelaku bullying karena ingin membalas kekerasan dari masa lalu nya, yaitu dengan membully orang lain. karena ketika mereka menjadi korban tidak bisa membalas, maka dengan melampiaskan balas dendamnya pada orang lainlah cara yang mereka lakukan.

  • Merasa paling unggul

ketika seorang anak merasa dirinya lebih unggul dan rasa unggul tersebut berlebihan, maka bisa menyebabkan ia memandang orang lain rendah dan remeh. hal tersebutlah yang  bisa memicu seorang anak melakukan pembullyan.

  • Kurang rasa empati

perlu adanya penanaman rasa empati pada anak sedari dini. tak hanya di sekolah, pendidikan dirumah pun harus didirikan dalam penanaman rasa empati pada anak. karena dengan kurangnya rasa empati bahkan tidak merasa empati terhadap orang lain bisa menyebabkan ia menjadi pelaku bullying, karena ia tidak akan pernah merasakan bagaimana jika menjadi korban pembullyan.

Pelaku bullying pun tak seharusnya terus-menurus sudutkan, mereka perlu bimbingan  dan jalan ke arah yang benar agar tidak lagi kejadian itu terulang. orang tua lah peran pertama yang harus memberi bimbingan agar anaknya bersikap baik terhadap orang lain dan sekitarnya.

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Faktor Penyebab Anak Menjadi Pelaku Bullying

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*