maxresdefault

Secara bahasa shalawat adalah bentuk jamak dari kata shalla atau shalat yenag berarti doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Dan secara istilah shalawat adalah doa untuk rasulullah SAW sebagai bukti rasa cinta dan beramal kita kepadanya.

Bershalawat artinya, jika datang dari allah berarti pemberian rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan,dan jika dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat.

Menyapa nabi muhammad SAW dengan shalawat bahkan juga dilakukan Allah SWT dan para malaikatnya. Sebagimana firman Allah sebagai berikut :

“ sesungguhnya Allah dengan para malaikat juga bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang ysng beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah dengan penuh penghormatan “ (Q.S Al-Ahzab : 56)

Hikmah bershalawat kepada Nabi

  • Mendapatkan syafaat Nabi

“Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

  • Doa dikabulkan

Rasulullah SAW bersabda : “ apabila salah seorang diantara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah azza wajalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi.  Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki “ (HR. Ahmad, Abu dawud, dan Tirmidzi)

  • Pahala berlipat

Rasullah SAW bersabda : “ barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali “ (HR. Muslim, Abu dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

  • Diangkat derajatnya

“Sesungguhnya Malaikat telah menemuiku, lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, tidakkah engkau merasa senang bahwa Tuhanmu yang Mahaagung telah berfirman, ‘Tidak seorang pun dari umatmu yang membaca shalawat 1 kali, kecuali Aku akan membaca shalawat Sepuluh kali lipat untuknya. Dan tidak seorang pun dari umatmu yang membaca salam sekali untukmu, kecuali Aku akan membaca salam 10 kali lipat untuknya.” (HR Ibnu Hibban).

  • Menjadi orang yang paling utama dalam pandangan Rasulullah SAW

“ orang yang paling utama bagiku pada hari kiamat nanti adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat untukku “ (HR. Tirmidzi)

 

 

Sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/15/01/05/nhor5t-ini-lima-keutamaan-bershalawat-nabi

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Hikmah Bershalawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*