A

Islam menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu sepanjang hayat dikandung badan. Ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan. Untuk memperoleh kebaikan dunia dengan ilmu, untuk beroleh kebaikan akhirat dengan ilmu.

Kriteria ilmu yang berguna  didasarkan pada tujuan ibadah. Dengan bantuan ilmu, seorang Muslim, dengan berbagai cara dan upaya dapat  mendekatkan diri kepada Allah.Berdasarkan landasan ini,  ilmu dikatakan bermanfaat bila pertama, dengan ilmu itu ia dapat meningkatkan pengetahuannya akan Allah. Nabi bersabda,” Sesungguhnya Allah ditaati dan disembah dengan ilmu. Begitu juga kebaikan dunia dan akhirat bersama ilmu, sebagaimana kejahatan dunia dan akhirat karena kebodohan.”

Di dalam Al-Qur-an terkadang Allah Ta’ala menyebutkan ilmu pada kedudukan yang terpuji, yaitu ilmu yang bermanfaat. Dan terkadang Dia menyebutkan ilmu pada kedudukan yang tercela, yaitu ilmu yang tidak bermanfaat.

 

ilmu yg bermanfa’at

– kitabkifayatul atqiya’ halaman 67

هو ما يزيد في خوفك من الله وفي تبصيرك بعيوب نفسك ويقلل من رغبتك في الدنيا ويزيد في رغبتك في الاخرة ويفتح بصيرتك بافات اعمالك حتى تخترز منها ويطلعك على مكايد الشيطان وغروره

 

– kitab bidayatul hidayah imam ghozali

والعلم النافع هو ما يزيد في خوفك من الله تعالى، ويزيد في بصيرتك بعيوب نفسك، ويزيد في معرفتك بعبادة ربك، ويقلل من رغبتك في الدنيا، ويزيد في رغبتك فني الآخرة، ويفتح بصيرتك بآفات أعمالك حتى تحترز منها، ويطلعك على مكايد الشيطان وغروره، وكيفية تلبيسه على علماء السوء،ن حتى عرضهم لمقت الله تعالى وسخطه؛ن حيث أكلوا الدنيا بالدين، واتخذوا العلم ذريعة ووسيلة الى أخذ اموال السلاطين، وأكل أموال الاوقاف واليتامى والمساكين، وصرفوا همتهم طول نهارهم إلى طلب الجاه والمنزلة في قلوب الخلق، واضطرهم ذلك إلى المراءاة والممراة، والمشاقة في الكالم والمباهاة.

ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg bisa menambah dalam ketakutanmu kpd Allah ta’ala, bisa menambah pengetahuan batinmu ttg cacatnya dirimu, bisa menambah ma’rifatmu dalam beribadah kpd Tuhanmu, bisa mengurangi rasa cintamu thd dunia, dan menambah rasa cinta thd akherat, bisa membuka mata hatimu utk melihat bahaya2nya amal2mu sehingga engkau bisa menjaga dari bahaya tsb,

bisa memperlihatkanmu thd tipu 2 daya setan, bisa memperlihatkanmu caranya menyamarkannya setan thd ulama’ su’ yg menjdikan mereka mendapatkan Murka Allah ta’ala, yaitu ulama’2 yg memakan dunia dgn agamanya, mereka mengambil ilmu sebagai perantara utk mendapatkan harta dari raja, memakan harta wakaf, anak yatim dan orang2 miskin, dan mereka menggunakan waktu panjang siangnya utk mencari pangkat dan derajat di hati makhluq, yg menjadikan mereka menjadi pamer, adu domba berlebihan dalam ucapan dan jg sombong.

 

(ilmu manfaat) yaitu ilmu yang menambah rasa takutmu pada Allah, menambah perhatianmu pada aib-aib diri kamu, meminimalisir rasa cintamu pada dunia. (memaksimalkan rasa cintamu) pada akhirat. dan membuka pandanganmu akan akibat buruk dari amal yang telah kamu lakukan sehingga lubang-lubang yang kamu lakukan dari amal kamu. dan memperlihatkan padamu terhadap bisikan, rekayasa dan tipudaya setan.

coba perhatikan pula tafsir dari ayat

 

 

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Ilmu yang Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*