gibah

Tahukah engkau apa itu ghibah? Jika tidak, mari simak hadits  berikut dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Tahukah kalian, apakah itu ghibah? Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘engkau membicarakan sesuatu yang terdapat dalam diri saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai. Salah seorang sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah SAW, bagaimana pendapatmu jika yang aku bicarakan benar-benar ada pada diri saudaraku? Rasulullah SAW menjawab, jika yang kau bicarakan ada pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mengghibahinya. Sedangkan jika yang engkau bicarakan tidak terdapat pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mendustakannya.” (H. R. Muslim)

Ghibah merupakan larangan dari Allah bagi kaum muslimin, maka jika kita melakukannya akan menjadi dosa. Allah SWT berfirman yang artinya : “Dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Q. S. Al-Hujurat : 12).

Namun banyak orang yang menyepelekan ghibah ini, seolah ghibah ini menjadi aktivitasnya sehari-hari terutama dikalangan wanita. Padahal jika seseorang yang kita ghibahi mengetahui perbuatan kita, akan menjadi bencana. Karena mereka bisa sakit hati dengan apa yang sudah kita gosipkan, dan salah paham sehingga menjadi saling benci lalu memutus tali persaudaraan diantara mereka. Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadist, Dari Anas Ra, Nabi Saw bersabda :

“Janganlah kalian saling membenci, saling hasud, saling membelakangi dan saling memutuskan tali persaudaraan, tetapi jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim tidak diperbolehkan mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan jika kita sudah ghibah, lalu apa yang kita bicarakan ternyata tidak sesuai dengan faktanya, maka kita sudah memfitnah seseorang yang sudah kita ghibahi tersebut. Ketahuilah fitnahitu lebih kejam dari pembunuhan.

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

Jauhilah Ghibah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*