s Tas Pondok Pesantren

Bordir atau bisa dibilang sulaman merupakan sebuah teknik membuat hiasa yang dibuat pada atas kain ataupun bahan-bahan lain dengan menggunakan alat dan bahan utamanya yaitu jarum dan benang bordir. Dalam pembuatannya bisa pula dengan menambahkan pernak-pernik seperti pita, payet, manik-manik, logam dan sebagainya.

Dalam membordir terdapat banyak jenis tusukan yang biasa digunakan seperti tusuk jelujur, rantai, silang, kelim dan lain-lain. Terdapat 3 hal yang menjadi pembeda dalam teknik bordir, yaitu :

  • Bordir datar, yaitu hasil bordiran yang letaknya terdapat pada bagian atas permukaan.
  • Bordir terawang, yaitu menghasilkan bordir yang berlubang-lubang.
  • Bordirtimbul, bentuk yang dihasilkan bergelombang pada bagian permukaan sehingga terkesan lebih menonjol.

Dalam pembuatan tas, tak sedikit sebuah perusahaan yang menggunakan teknik bordir sebagai penghias untuk produk tasnya. Hal ini karena hasil hiasan dalam teknik bordir pada tas lebih terlihas jelas menonjol, yang mengasilkan tampilan tas lebih menarik. Jenis teknik bordir yang biasa digunakan pada tas yaitu teknik bordir timbul, karena tekstur pada kain tas lebih kasar beda dengan kain pakaian, maka sangat cocok sehingga memberi kesan yang kuat.

Proses pembuatan bordir dibedakan menjadi 3 jenis yang diantaranya :

  • Bordir manual

Bordir manual yaitu bordir yang proses pembuatannya dikerjakan dengan tangan tangan pengrajin, namun tidak sepenuhnya menggunakan tangan. Karena saat ingin menggunakan desain atau model pesan tertentu, maka modelnya perlu dicetak terlebih dahulu untuk bisa dititu saat pembordiran.

Kelebihan menggunakan bordir manual yaitu jenis tusuk yang digunakan bisa lebih bervariasi. Seperti jenis tusuk rantai, tusuk veston, tusuk rumani dan sebagainya.

  • Bordir mesin

Bordir mesin yaitu bordir yang proses pembuatannya menggunakan mesin khusu membordir. Namun jenis tusuknya lebih sedikit. Akan tetapi kita masih bisa membuat bermacam desain hiasan, sehingga tidak membatasi kreativitas.

  • Bordir komputer

Cara pengerjaan bordir komputer sama saja menggunakan mesin, namun bedanya cara pengerjaannya dikendalikan oleh komputer. Kelebihan menggunakan bordir komputer yaitu saat memproduksi dalam jumlah banyak dengan desain yang sama, harga lebih murah dan hasilnya pun rapih dengan kombinasi warna benang yang lebih banyak.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Jenis dan Teknik dalam Pembordiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*