ECZZT

 

  1. Bulan di turunkannya Al-Qur’an

Bulan ramadhan adalah bulan dimana pertama kalinya Al-qur’an diturunkan. Hal ini telah di jelaskan dalam Al-qur’an, sebagai berikut :

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” ( QS. Al-Baqoroh Ayat 185)

  1. Pahala yang di lipat gandakan

Rasululah SAW pernah bersabda : “ pahala umroh pada bulan ramadhan menyamai paghala  ibadah haji ” (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam riwayat muslim di sebutkan “…. menyamai ibadah haji bersamaku”

Ibnu Rajab rahimahullah berkata : “ Abu Bakar bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata, ‘ apabila telah tiba bulan ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbihdi bulan ramadhan lebih utama dari pada tasbih di bulan yang lain.”

  1. Malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan, da terdapat pada hari di bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr ayat 1-5 :

  • “Sungguh Kami telah menurunkannya Kitab(Al Quran) pada malam kemuliaan .”
  • “Dan apakah engkau tahu malam kemuliaan itu?”
  • “Malam kemuliaan itu adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.”
  • “Pada malam itu malaikat-malaikat dan juga Al Ruh(malaikat Jibril) turun atas izin dari Tuhannya untuk tugas masing masing.”
  • ” Pada malam itu dipenuhi dengan kesejahteraan sampai dengan terbitnya fajar.”
  1. Dimustajabahnya doa pada bulan Ramadhan

Rasulullah  saw bersabda :

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Keutamaan di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*