All You Need To Know About Intermittent Fasting

Puasa senin kamis adalah amalan sunnah dari ajaran rasulullah SAW. lalu mengapa puasa sunnah ini hanya di hari senin kamis saja? dari keterangan sebuah haditsyang menyebutkan dalam shahih muslim dari hadits Abu Qatadah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah SAW, pernah ditanya tentang puasa  puasa senin kamis, dan beliau menjawab : “ hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku di utus atau diturunkannya Al-quran kepadaku pada pada hari tersebut.”(H.R Muslim)

Dalam hadits lain Rasulullah SAW. menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya : “ Amal-amal manusia diperiksa padasetiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku di periksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” maka dari itu, memaknai anjuran dari di sunnahkannya puasa tersebut menjadi penting untuk dilakukannya puasa pada setiap hari senin dan kamis.

Dan terdapat pula keutamaan dari mengerjakannya puasa pada setiap hari senin dan kamis ini, yaitu :

  • Di ampuni dosa

Hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

  • Jaminan masuk surga

Pada hadist Nabi yang diRiwayatkan dari Abi Umayah.

“ Saya menemui Rasulullah saw dan berkata : “suruhlah aku mengerjakan satu amalan yang dapat memasukan aku kedalam syurga. ”

Maka Nabi bersabda : “ Berpuasalah! karena puasa tidak ada tandingannya”. Lalu saya datangi Rasulullah untuk kedua kalinya dan Rasulullah pun bersabda : “ BERPUASALAH. ”(HR.Ahmad & Hakim)

  • Terhindar dari siksa api neraka

Sebagaimana sabda Rasulullah : “ Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari dijalan Allah,
Melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya dengan hari itu dari Neraka selama 70 tahun.”(HR.Bukhari & Muslim)

  • Di bukakan pintu “ Ar-rayn “ disurga

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*