Pada artikel sebelumnya, sudah membahas tentang apa itu SABLON. Teknik menyablon tentunya membutuhkan cat atau tinta untuk memberikan warna pada tas atau kain yang akan kita sablon. Cat pada sablon berbeda dengan cat tembok, cat sablon memiliki berbagai macam jenis. Masing-masing cat memiliki karakteristik dan aplikasi penggunaan yang khusus.

Cat sablon di desain atau dibuat sesuai dengan bahan atau jenis kain tertentu. Seperti misalnya, Cat plastik dibuat khusus untuk menyablon diatas bahan plastik.

Beberapa Jenis Cat Untuk Sablon

  1. Plastisol

Merupakan jenis cat sablon berbahan dasar minyak (solvenbase). Cat Plastisol sangat cocok untuk desain yang detail seperti dot-dot kecil atau raster kecil. Jenis cat ini paling sering digunakan oleh clothing internasional.

  1. Superwhite / Waterbase Ink

Sesuai dengan namanya, cat ini memiliki sifat menyerap ke permukaan kain. Ketika di aplikasikan ke kain warna cat akan mencolok dan cocok untuk gambar vector.

  1. Foil

Sablon foil ini berbeda dengan sablon lainnya. Sablon ini menggunakan lembaran alumunium foil khusus (kertas berbahan logam) yang menempel pada kain garmen.

  1. Rubberish Ink / GL

Merupakan jenis cat yang memiliki tekstur yang elsatis dan waterbase. Sangat cocok digunakan pada semua warna kain karena memiliki sifat warna yang menutupi rajutan kain. Namun, cat ini kurang cocok digunakan untuk gambar raster karena sifatnya tidak bias menyatu antara warna yang satu dengan yang lainnya.

  1. Glow In The Dark

Sesuai dengan namanya yang berarti “menyala dalam gelap” sablon jenis ini menambahkan bubuk fosfor terlebih dahulu. Kemudian jenis sablonnya juga bisa menggunakan plastisol atau rubber.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Macam-Macam Cat Sablon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*