Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh olahraga renang ini, salah satunya adalah dapat menambah tinggi badan. Apa kamu merasa kurang tinggi? Berenang merupakan solusi alami bagi kamu yang ingin menambah tinggi.

Ini dibuktikan sendiri oleh saya. Orang tua saya memiliki tinggi seperti orang Asia kebanyakan, yaitu sekitar 165cm. Sedangkan, saya memiliki tinggi sekitar 175cm, ini dikarenakan ketika SD dulu saya pernah ikut les renang.

Waktu sekolah dulu, pihak sekolah biasa mengadakan kerjasama pada kolam renang setempat, sehingga tiket masuk bisa lebih murah. Bahkan beberapa guru menjadikan olahraga renang sebagai lahan bisnis, murid yang tidak mau berenang dikenakan biaya Rp.10.000,- atau sesuai harga tiket masuk kolam renang.

Teknik berenang dibagi menjadi 4 macam gaya, apa saja sih macam macam gaya renang itu? Simak ulasan berikut:

1. Renang Gaya Bebas

Variasi gerakan lengan renang gaya bebas

 renang gaya bebas merupakan gaya renang paling umum digunakan dengan cara posisi badan bagian depan menempel pada permukaan air. Posisikan badan lurus, lalu gerakan tangan mengayuh kedepan dan kaki menendang-nendang air.

Gaya renang ini merupakan gaya yang meniru perilaku hewan saat berenang. Contohnya saja anjing, kucing, kadal dan lainnya. Kalau diperhatikan dengan seksama, binatang-binatang tersebut menggerakan kaki dan tanganya secara simultan, dan itu juga yang dilakukan oleh manusia ketika berenang dengan gaya bebas.

Pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara menoleh ke kanan atau kiri ketika lengan berada di atas sebelum masuk ke air. Tentu ini berbeda dengan yang dilakukan oleh binatang. Binatang tidak memerlukan pengambilan nafas karena gaya berenang mereka memposisikan di luar air.

2. Renang Gaya Dada / Katak

Latihan Gerakan Tangan Renang Gaya Dadarenang gaya dada atau gaya katak adalah sebuah gaya renang yang meniru posisi katak ketika sedang berenang. Gaya ini cenderung lebih lambat dibanding gaya bebas. Namun gaya ini lebih rileks dan santai, cocok digunakan ketika kamu ingin berenang dengan santai di dalam air.

memposisikan tubuh bagian depan menempel ke permukaan air seperti gaya bebas. Bedanya, gerakan tangan dan kaki menyerupai gerakan katak ketika berenang.

Posisi tangan berada di depan kepada dengan kedua telapak tangan diluruskan dan direkatkan seperti posisi orang sedang berdoa. Lalu kedua tangan dibuka ke luar dan ditarik ke belakang. Ketika tangan sedang bergerak maka kaki hanya diam, begitu juga sebaliknya.

Posisi kaki lurus, ketika tangan sudah selesai bergerak, maka kaki digerakan ke arah dalam dengan telapak kaki didekatkan namun jangan sampai menempel. Gaya ini juga cukup mudah dipelajari bagi pemula.

3. Renang Gaya Punggung

renang gaya punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya renang paling unik diantara semua gaya. Karena dalam renang gaya punggung, yang menempel pada permukaan air bukanlah tubuh bagian depan melainkan tubuh bagian belakang (punggung).

Gaya punggung merupakan kebalikan dari gaya bebas. Renang gaya punggung dilakukan dengan cara mengayuhkan tangan ke belakang dan kaki menendang ke arah air.

Gaya renang ini lebih sulit dilakukan dibanding gaya bebas dan gaya dada. Kalau kamu menggunakan gaya ini, kamu harus hati-hati, sebab kamu tidak bisa melihat dinding kolam.

4. Renang Gaya Kupu-kupu

gaya kupu kupu

Nama lain dari gaya kupu-kupu adalah gaya lumba-lumba. Disebut demikian karena perenang melompat seperti lumba-lumba ketika muncul di permukaan.

Renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan cara mendorong tubuh ke atas dengan cepat menggunakan bantuan tangan. Gaya renang ini merupakan gaya renang tercepat bahkan melebihi cepatnya gaya bebas. Namun, untuk menggunakan gaya kupu-kupu membutuhkan lengan yang kuat.

Berenang tidaklah sulit, kalau kamu kesulitan untuk berenang, kamu bisa ikut kursus renang yang biasanya ada di tiap kolam renang. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu berupa papan seluncur.

sumber : https://urusandunia.com/macam-macam-gaya-renang

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Macam-Macam Gaya Renang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*