img x

 

Menikah adalah momen yang istimewa, karena pasti semua orang mendambakan pernikahan dalam hidunya. Menikah merupakan proses yang melibatkan fisik, mental, pikiran, dan juga keberanian untuk mulai menempuh kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya.

Setelah menikah bukan hanya kebahagian telah memiliki pasangan seutuhnya yang kita rasakan, namun akan ada kebahagiandan manfaat-manfaat lain yang di dapat disaat sudah menikah diantaranya :

Menjaga Kesucian

Rasulullah SAW bersabda : “Wahai para pemuda! Siapa saja di antara kalian berkemampuan untuk nikah, maka menikahlah, karena pernikahan itu lebih mudah menundukkan pandangan dan lebih menjaga farji (kemaluan). Siapa saja yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya.” [al-Bukhari].

Memiliki Keturunan

Tujuan dari menikah adalah untuk melestarikan dan mengembangkan bani Adam, Allah SWT berfirman:

“Allah telah menjadikan dari diri-diri kamu itu pasangan suami istri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?” (An-Nahl: 72).

Menyempurnakan ibadah

Menikah itu termasuk ibadah, dan ibadah terlama yaitu dengan menikah terutama menikah karena Allah SWT. karena pa yang dilakukan ketika setelah menikah ,dari melayani suami dan mendidik anak semuanya ibadah di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian bersetubuh dengan istri-istri kalian termasuk sedekah.” Mendengar sabda Rasulullah SAW tersebut, para sahabat keherangan dan bertanya: ‘Wahai Rasulullah, seorang suami yang memuaskan nafsu birahinya terhadap istrinya akan mendapat pahala?” Nabi SAW menjawab: “Bagaimana menurut kalian bila mereka (para suami) bersetubuh dengan selain istrinya, bukankah mereka berdosa?” Jawab para shahabat: “Ya, benar”. Beliau bersabda lagi: “Begitu pula kalau mereka bersetubuh dengan istrinya (di tempat yang halal), mereka akan  memperoleh pahala!“(Hadits shahih riwayat Muslim 3:82, Ahmad 5: 167-168 dan Nasai dengan sanad yang shahih).

Menjauhkan Dari Zina

Allah memerintahkan hambanya untuk menjauhkan diri dari zina, dan untuk meluapkan syahwat seseorang maka allah memerintahkan hambanya untuk menikah. Karena menikah itu adalah menghalalkan sesuatu yang sebelumnya haram, dan apa yang sebelumnya haram bisa menjadi halal dilakukannya ketika sudah menikah.

Membentengi Akhlak

Tujuan utama dari disyariatkannya pernikahan dalam agama Islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang telah menurunkan dan meninabobokan martabat manusia yang luhur. Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara pemuda dan pemudi dari kerusakan moral, dan melindungi masyarakat dari kekacauan serta masa depan generasi.

Rasulullah SAW bersabda : “Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya.”

Menyempurnakan Separuh Agama

Melaksanakan pernikahan berarti sudah menyempurnakan separuh dari agama sehingga melengkapi takwa kita yang juga diimbangi dengan melakukan separuh ibadah lainnya.

Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang menikah maka berarti dia telah menyempurnakan separuh agamanya. Maka bertaqwalah pada paruh yang lain”. Hal senada telah diriwayatkan dari Anas ra, beliau berkata: “Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya“.

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Manfaat dari Menikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*