iklan, pastinya sudah sering kita lihat, entah itu di media masa seperti koran, majalah, di media elektronik seperti televisi, radio, dan sebagainya. Iklan juga dapat memberikan informasi kepada kita tentang suatu produk, entah yang berupa barang maupun jasa. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan iklan itu? Serta apa pengertian dan fungsi dari iklan tersebut? Sebelum kita mengetahui manfaat iklan dalam kehidupan kita mari kita bahas dulu tentang pengertian dan juga fungsi iklan.

Pengertian Iklan

Periklanan merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan oleh perorangan ataupun perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Periklanan pada dasarnya adalah bagian dari kehidupan industri modern. Kehidupan dunia modern saat ini sangat tergantung pada iklan.

Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak akan dapat menjual produknya, sedangkan disisi lain para pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk barang dan jasa yang tersedia di pasar. Apabila hal itu terjadi maka industri dan perekonomian modern pasti akan lumpuh.

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

menurut Wright , iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

Fungsi Periklanan

Seiring pertumbuhan ekonomi iklan menjadi sangat penting karena konsumen potensial akan memperhatikan iklan dari produk yang dibelinya. Menurut Terence A. Shimp (2003), secara umum periklanan mempunyai fungsi komunikasi yang paling penting bagi perusahaan bisnis dan organisasi lainnya yaitu:

  1. Informing (memberi informasi) membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. 
  2. Persuading (mempersuasi) iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan. 
  3. Reminding (mengingatkan) iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya. 
  4. Adding Value (memberikan nilai tambah) Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul dari tawaran pesaing. 
  5. Assisting (mendampingi) peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan mungkin digunakan sebagai alat komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan seperti kupon-kupon dan undian. Peran penting lain dari periklanan adalah membantu perwakilan dari perusahaan.

Manfaat iklan dalam kehidupan

Dalam kehidupan, iklan berperan cukup penting. Hanya kerna sebuah iklan, kehidupan seseorang dapat dipengaruhi. Semua brand ( merk ) di dunia ini menggunakan jasa iklan sagabai media komunikasi mereka. dengan arti lain, mereka mempromosikan atau memperkenalkan brand ( merk )  ke khalayak ramai melalui iklan.

Manfaat iklan dalam kehidupan antara lain :

  1. sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang dan jasa
  2. suatu yang digunakan produsen untuk membangun kepercayaan konsumen
  3. iklan memperluas alternative bagi konsumen. dengan adanya  iklan konsumen dapat mengetahui adanya berbagai  macam produk. Dan konsumen menjadi memiliki banyak pilihan

Pendapat saya tentang iklan yang berperan dalam hidup saya

Sudah dijelaskan diatas bahwa periklanan (Advertising) adalah salah satu bentuk komunikasi yang persuasif / mengajak. Beberapa hal yang saya rasakan dalam hidup saya mengenai iklan ada untung dan ruginya.

Hal yang menguntungkan dari periklanan adalah kita dapat mengetahui dengan cepat hal hal baru tentang promo harga atau tentang produk yang baru saja dikeluarkan / diproduksi. dengan kata lain kita tidak akan merasa ketinggalan jaman karena tidak update. Dengan adanya iklan juga, saya bisa mendapatkan lebih banyak pilihan pada saat saya sedang membutuhkan atau mencari suatu barang atau jasa. 

Namun ada juga hal yang merugikan dari iklan yaitu terkadang peletakan atau layout yang digunakan kurang tepat terutama pada halaman web yang pada jaman sekarang lebih sering kita buka untuk mencari sebuah informasi baru.

Terkadang juga ada iklan yang muncul terus menerus dan membuat kita kesal dan membuat kita lambat dalam mendapatkan informasi.

Maka dari itu dalam dunia yang modern ini seharusnya kita lebih bijak saat memberikan informasi dalam bentuk iklan.

sumber : https://myown96blog.wordpress.com/2017/02/26/manfaat-iklan-dalam-kehidpan

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

MANFAAT IKLAN DALAM KEHIDUPAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*