Bulan Ramadhan datang lagi, tiba waktunya bagi seluruh umat Islam di dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Ya, di dalam Islam puasa termasuk ibadah yang mendidik jasmani maupun rohani. Puasa ialah meninggalkan makan, minum, merokok dan segala yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Pengertian puasa dalam Islam atau secara syar’i adalah menahan serta mencegah diri secara sadar dari makan, minum, orang bersetubuh dengan perempuan (hubungan intim) dan hal-hal semisalnya termasuk kebiasaan merokok dari sebagian besar masyarakat kita dan dilakukan selama 1 hari penuh. Yakni dimulai dari kemunculan fajar hingga terbenamnya matahari, dengan niat untuk memenuhi perintah dan taqarub kepada Allah Ta’ala. Itulah yang dimaksud dengan definisi dari puasa. Puasa sering kita sebut dengan istilah shiyam, saum.

Dalam Hadist dikatakan ” Berpuasalah niscaya kamu menjadi orang sehat “

Puasa Ramadhan yang dilakukan oleh umat muslim selama 30 hari memang penuh makna, selain menunaikan rukun Islam ke-3 puasa pun memilki manfaat bagi kesehatan. Di bulan suci ini umat Islam melakukan ibadah yang amat mulia, menumbuhkan empati dan kesadaran sosial melalui infak dan sedekah, menempa diri dengan meredam amarah serta mengekang hawa nafsu. Puasa pun menjadi ibadah yang paling nikmat dilakukan oleh semua umat muslim di dunia.

Segunung Manfaat Puasa

Selain dari sisi religi, berpuasa dari sudut kesehatan pun memiliki banyak manfaat. Dalam perkembangan dunia kesehatan, puasa sebagai terapi untuk mengatasi gangguan kesehatan semakin banyak diteliti. Para peneliti mengaitkan puasa dengan tujuan mengendalikan stress juga penyakit lain seperti hipertensi, kardiovaskuler, ginjal juga kanker.

Dengan berpuasa ada beberapa manfaat yang bisa dipetik antara lain memberi kesempatan pada alat pencernaan untuk beristirahat, membersihkan tubuh dari racun dan kotoran yang menumpuk dan merusak kesehatan, menyeimbangkan asam basa tubuh, memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh, serta meremajakan sel-sel tubuh.

Peremajaan sel-sel tubuh saat berpuasa organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi rileks sehingga kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak juga menjadi lebih baik, selain itu fungsinya juga lebih meningkat.

Hasilnya, ibadah puasa tuntas, tubuhpun jadi lebih sehat.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa maka hal ini akan memberikan manfaat peningkatan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Beberapa penelitian menghasilkan data bahwa saat puasa terjadi peningkatan limfosit sampai dengan sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kita tahu bahwa fungsi limfosit dan sel darah putih adalah berguna untuk melawan infeksi dan juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jantung.

Kita tahu bahwa salah satu resiko penyakit jantung koroner adalah kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh kita. Pada saat berpuasa maka ada yang berubah dalam kadar kolesterol darah pada tubuh kita. Kolesterol baik untuk jantung yaitu HDL mengalami peningkatan dan kolestrol jahat yaitu LDL mengalami penurunan. Maka inilah hubungan puasa dan kesehatan jantung yang bisa didapatkan dari kita menjalankan syariat Agama yaitu menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan jantung juga.

3. Menurunkan Glukosa Darah serta Berat Badan.

Ada penelitian dan studi yang menunjukkan bahwa puasa bisa untuk menurunkan berat badan dan juga kadar glukosa darah dalam tubuh. Studi kohort dilakukan kepada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences ketika berpuasa Ramadhan. Dilakukan evaluasi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), glukosa, trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL), high density lipoprotein (HDL), dan Very Low density lipoprotein (VLDL), sebelum dan sesudah Ramadhan. Hasil dari studi penelitian ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan menyebabkan penurunan kadar glukosa dan juga berat badan.

4. Membersihkan Racun Dalam Tubuh.

Shiyam dapat membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya untuk kesehatan yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu hikmah keutamaan puasa ini seringkali dijadikan sebagai metode untuk detoksifikasi racun tubuh secara alami. dalam sebuah penelitian dalam bidang endokrinologi (hormonal) menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Ini adalah salah satu dari khasiat puasa.

Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang. Untuk itu diperlukan bagaimana cara dan tips berpuasa sehat agar keutamaan berpuasa bisa kita raih dan kesehatan tubuh kita juga akan terjaga lebih baik lagi.

5. Baik Untuk Kesehatan Mental.

Kita tahu bahwa pengertian sehat bukan hanya dalam hal fisik saja, akan tetapi juga menyangkut mengenai kesehatan mental. Diantaranya adalah bila kita sedang dalam keadaan saum maka emosi kita akan bisa lebih terjaga dengan baik dibandingkan ketika kita dalam keadaan kenyang.

Maka hal ini juga bisa memberikan manfaat untuk mengurangi kadar stressor dalam tubuh dan juga mengendalikan tanda-tanda stres dan emosional yang berlebihan pada diri kita. Manfaat puasa dalam Islam juga bisa merupakan cara untuk mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa, maka kita akan lebih terjaga daripada gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. Dan inilah bagian dari mukjizat puasa itu sendiri bagi kita semuanya.

Selama berpuasa lebih kurang 14-15 jam tubuh tidak mendapat suplai makanan dari luar. Para ahli mengatakan selama waktu tersebut tubuh akan menggunakan cadangan energi yang masih cukup untuk melakukan aktifitas, yaitu glikogen yang berasal dari makan yang mengandung karbohidrat.

Sahur & Berbuka
Siasati puasa dengan sahur dan berbuka yang tepat agar hari-hari yang dijalani saat berpuasa tetap bermakna.

Tips-tips berikut kiranya dapat digunakan :

Sahur
-Makan sahur jangan berlebihan
-Makan dengan menu beragam & gizi yang cukup
-Hindari mengonsumsi makanan instant
-Kurangi makanan yang mengandung garam tinggi
-Minum air putih yang cukup saat sahur dan menjelang imsak
-Hindari minum manis berlebihan
-Minum food supplement

Berbuka
-Berbukalah dengan kurma & air putih
-Hindari minuman dingin / es / minuman bersoda
-Makan bertahap & perlahan
-Beri waktu 0.5-1 jam sebelum menyantap hidangan utama
-Bagi penderita sakit lambung hindari makanan: Ketan, mie, sayuran mentah berserat, bumbu yang tajam, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan puasa dan juga jenis puasa, hukum puasa serta juga beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kita baik secara fisik maupun secara mental psikologis. Belum lagi akan keutamaan puasa dan pahala ibadah puasa yang Allah janjikan ketika kita menjalankan kewajiban dan sunnah puasa itu sendiri.

sumber : http://raihanahismahr.blogspot.co.id/2013/07/manfaat-puasa-dari-segi-kesehatan.html

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Manfaat Puasa dari Segi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*