beautiful lovely child smiling picture

 

Senyum termasuk sebuah ibadah, karena senyuman yang di sunggingkan kepada seseorang setara dengan nilai bersedekah. Namun dibalik senyum seseorang pasti memiliki makna dan manfaat yang mendalam .

Dalil bahwa senyum adalah sedekah yanga da dalam sebuah hadits dari abu dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, rasulullah SAW bersabda yang artinya : “senyummu dihadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu. ” (HR.Tirmidzi, Ibnu Hibban)

Senyum itu timbul karena perasaan dalam diri kita yang sedang merasa senang atau bahagia, yaitu hati yang penuh dengan kebaikan, tidak ada rasa dengki terhadap orang lain.

Tersenyum ini bias terjadi ketika kita berjumpa dengan manusia, seperti yang dikatakan sahabat rasulullah yaitu Abdullah bin Harits radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata : “ tidaklah aku melihat seorang pun yang lebih yang lebih banyak tersenyum dari pada rasulullah shalallahu alaihi wasallam “ (HR. Ahmad Tirmidzi)

Hadits diatas menunjukan keutamaan tersenyum dan menampakkan muka manis di hadapan seorang muslim.

Manfaat hikmah senyum

  • Bernilai ibadah

Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits diatas, bahwa senyum yang kita berikan kepada orang lain adalah termasuk sedekah. Sedekah ini bernilai ibadah, maka jika kita mengerjakannya akan mendapatkan pahala.

  • Menjadi obat hati, fikiran, jiwa

Sesuai dengan hadits yang artinya rasulullah bersabda : “Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal – hal yang ringan dan lucu karena jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban – beban yang berat ia akan menjadi keruh.” (HR. Ibnu Majah).

Hadist ini menganjurkan untuk menyegarkan hati,fikiran dan jiwa dengan hal yang mengandung humor, yaitu dengan tertawa atau tersenyum.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Senyuman yang tulus akan menularkan energi positif yang membuat kita menjadi lebih kuat dan samrt untuk menjadi lebih percaya diri

  • Menurunkan tekanan darah

Ketika marah otomatis darah akan ikut naik sehingga tekanan darah pun akan tinggi. Dan untuk menurunkannya dengan cara tersenyum.

  • Mengubah suasana hati

Terseyum bisa membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Dan jika kita merasa sedih, cobalah untuk terseunyum

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika seseorang tersenyummaka fungsi imun meningkat, yang membuat seseorang merasa lebih rileksdan terhindar dari penyakit seperti, flu, batuk.

  • Melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin

  • Awet muda

  • Terlihat lebih menarik

  • Tanda ketabahan

Senyum adalah ibadah yang mudah dilakukan, dan bisa di lakukan dimana saja. Maka dari itu jadilah manusia yang mura senyum terhadap sesama ( saudara kita) dengan rasa yang ikhlas.

 

Sumber : http://tamannya-hati.blogspot.co.id/2011/10/manfaat-dan-pengaruh-senyum.html

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Manfaat Tersenyum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*