mewarnai gambar sketsa anak muslimah

Semua orang pasti akan terkena sebuah masalah, baik masalah besar maupun masalah kecil. dalam pandangan islam masalah adalah sebuah ujian dari allah terhadap umatnya. Mengapa allah memberi hambanya ujian? Karena allah ingin mengetahui seberapa kuat keimanan hambanya ketika diberi sebuah ujian. Apakah dia akan bersabar menyelesaikan ujiannya ataukah sebaliknya.

Karena sesungguhnya allah tidak akan membebani hambanya diluar kemampuan hamba tersebut. jika kita diberi suatu ujian maka selesaikan lah ujian tersebut dengan cara kita berdoa, bersabar, dan bertawakal kepada Allah SWT.

Setiap manusia pasti pernah merasakan sebuah ujian, namun dalam setiap orang berbeda ujian yang diberinya. Dengan seperti itu bukan arti kita malah menjadi sirik dengan ujian orang lain yang lebih ringan dibanding kita, namun seharusnya kita selal melihat ke bawah bahwa ada orang lain yang memliki ujian yang lebih berat dibanding kita, karena dengan begitu kita akan merasakan rasanya bersyukur atas nikmat Allah.

Dan dengan diberi ujian ini, bukan semata-mata menilai keimanan kita saja, karena jika kita sanggup dalam melewati sebuah ujian maka akan allah tinngikan derajatnya. dalam hadits Aisyah radhiallahu anha sesungguhnya Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

( مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً ، أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً )

رواه البخاري (5641) ، ومسلم (2573)

“Tidaklah seorang mukmin terkena duri dan lebih dari itu melainkan Allah akan mengangkat derajat dengannya. Atau dihapuskan kesalahannya dengannya.” HR. Bukhori, (5641) dan Muslim, (2573).

Kemudian saling terkait diantara dua sebab ini, hal itu lebih agung dibandingkan hanya sendirian. Tidaklah anda melihat, bahwa orang yang dicoba oleh Allah dengan suatu musibah dikarenakan dosanya dan dia bersabar serta bersyukur. Maka Allah akan mengampuni dosanya, mengangkat derajatnya di surga dan dipenuhi pahala orang-orang yang sabar dan orang yang mengharap pahala.

Yang lebih utama adalah hendaknya seorang hamba senantiasa selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. Dalam setiap kondisi apapun, dan selalu percaya bawa apa yang telah di takdirkan untuk kita itu semua adalah ketetapan Alaa SWT.

 

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

masalah adalah ujian hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*