How to Deal with Stress

Kenapa sih kita bisa merasa stress? Penyebab dari stress berbagai macam dan mencakup semua hal seperti, hubungan, pertemanan, keuangan, ujian sekolah, penyakit, dan sebagainya. Gejala yang terjadi seperti mudah marah, mudah merasa cemas, sulit tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, ketegangan otot.

Bagimana sih cara mengatasai stress? Menurut dokter neorologi, perasaan stress sering menjadi musuh dalam selimut.Perasaan ini datang tiba-tiba dan sulit dikendalikan. Bila tidak, dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung, darah tinggi dan stroke. Ibarat sedia payung sebelum hujan.

Dalam Islam, menghadapi segala macam bentuk masalah selalu ada jalan keluarnya karena kita percaya bahwa semua itu adalah ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Dan sesungguh Allah SWT tidak akan membebankan hambanya di luar kemampuannya. Maka dari itu, untuk apapun masalah yang kita hadapi dan seberat apapun masalah itu lebih baik kita serah kan kembali kepada Allah dan jangan menjadi manusia yang lemah.

sebagaimana firman Allah di dalam Al-Qur’an yang artinya;

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih  hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu  orang-orang yang beriman.” (Q. S. Ali ‘Imron : 139).

Stress yang kita alami pasti akan ada jalan keluarnya, dan berikut adalah cara mengatasi stress :

  • SABAR

Stress yang kita hadapi adalah sebuah ujian dari Allah SWT. Dan sudah seharusnya bagi kita untuk sabar mengatasi stress tersebut, janganlah kita keluardari zona berbahaya seperti bunuh diri, atau melampiaskan kepada orangh lain.

  • Shalat dan berdoa

Ujian seperti ini adalah sebuah kode dariAllah SWT agar kita lebih mendekat diri pada-Nya. Dengan shalat dan berdoalah cara kita untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Berdoa lah pada-Nya dan serahkan semuanya untuk semua penyelesaian masalah. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya;

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai  penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q. S. Al Baqarah : 153).

  • Beramal shaleh

Kunci untuk hidup yang damai dan tentram ialah dengan melakukan amal yang shaleh dan menjauhi perbuatan yang buruk dan telah dilarang oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Allah SWT berfirman yang artinya;

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Q. S. An-Nahl : 97).

Stress yang kita alami tidak akan timbul jika kita selalu mengingat Allah SWT dan selalu beristiqomah padanya. Jalankan perintah-Nya dan jauihi larangan-Nya.

 

Sumber : https://dalamislam.com/dasar-islam/cara-menghilangkan-stress-dalam-islam

 

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Mengatasi Stress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*