qq

Ayah adalah sosok yang penting dalam keluarga. Meskipun terkadang peran ayah tak begitu terlihat dibanding ibu, tapi tak bisa dipungkiri peran ayah ini memang sangatlah penting dalam keluarga. Dalam sebuah keluarga, ayahlah yang menjadi penguat untuk istri dan anak-anaknya.

Meskipun biasanya seorang anak diasuh oleh seorang ibu, namun peran ayah dalam pengasuhan anak pun harus dilakukan. Karena orang tua di dalam sebuah keluarga baik Ayah maupun Ibu ini memiliki perannya masing – masing dalam hal pengasuhan anak maupun hal rumah tangga. Berikut pentingnya peran ayah :

Psikolog Elly Risman, mengatakan bahwa ayah harus berperan dalam pengasuhan anak karena 3 alasan ini.

  • Karena tantangan zaman yang luar biasa berat bagi anak-anak kita saat ini
  • Ayah memiliki peranan sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak.
  • Ayahadalah kepala keluarga.

Bagi anak perempuan, sosok ayah adalah lelaki pertama di dunia yang ia cintai. Karena ayahlah lelaki pertama yang ia jumpai di dunia dengan memberi kasih sayang yang tulus padanya.

Adapun sebagian peran ayah yang penting dalam keluarga adalah, sebagai berikut :

  • Mencari nafkah

Nafkah adalah bekal hidup sehari-hari. maka dari itu untuk bertahan hidup, sudah sewajibnya mencari nafkah. Dan ayahlah yang sudah sewajibnya mencari nafkah untuk keluarganya. Sebagaimana dalam firman allah, sebagai berikut :

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Q.S An-nisa : ayat 34)

  • Menjadi pemimpin / imam dalam keluarga

Sosok ayah dalam keluarga sudah tentu menjadi seorang pemimpin dalam keluarganya, yaitu pemimpin untuk istri dan anak-anaknya. Sebagai seorang pemimpin, maka untuk setiap hal atau keputusan yang akan dilakukan harus di pertanggung jawabkan. Hal penting yang dilakukan sebagi pemimpin adalah harus harus bisa membimbing keluarganya kepada hal yang baik dan benar.

  • Memenuhi hak anak

Hak anak perempuan kewajiban orang tua, dan ayah berkewajiban memberikan bimbingan, pendidikan, kasih sayang, dan perhatian terhadap anak-anaknya. Dan meskipun sesibuk apapun seorang ayah mencari nafkah keluarganya, jangan lah mengabaikan anaknya. Karena hak anak ini mempengaruhi dalam perkembangan anaknya kelak.

 

 

Sumber : https://dalamislam.com/akhlaq/peran-ayah-dalam-keluarga

 

 

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Peran Ayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*