tangan

ketika seorang lelaki sudah memantapkan hatinya untuk menikah, berarti ia sudah menerima dan sudah tahu tanggung jawab apa saja yang harus ia lakukan pada calonnya. dengan  janji apa yang sudah ia katakan ketika Akad berlangsung, mak aia harus menepatinya. dan sebagai suami taat,berikut tugas utama seorang suami dalam keluarganya :

  • Memberi nafkah secara lahir dan batin

Rasulullah saw bersabda :

“Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abu Iyas Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Adi bin Tsabit ia berkata; Aku mendengar Abdullah bin Yazid Al Anshari dari Abu Mas’ud Al Anshari maka aku berkata; Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Jika seorang muslim memberi nafkah pada keluarganya dengan niat mengharap pahala, maka baginya hal itu adalah sedekah.”

Memberi nafkah pada keluarga adalah hal yang wajib dilakukan seorang suami, namun yang dicari dalam nafkah ini adalah sesuatu yang halal bukan hanya cuma-cuma.

Ada ulama berpendapat bahwa hukum memberikan nafkah batin (hubungan suami istri) bagi seorang suami apabila tidak ada halangan adalah wajib. Ada juga yang mengatakan bahwa melakukan hubungan suami istri itu wajib dilakukan setiap empat hari sekali, tetapi ada juga yang berpendapat enam hari sekali. Karena kembali dari keutaman perkawinan adalah agar memiliki keturunan.

  • Menjadi pemimpin dalam keluarga

Suami harus menjadi imam dalam keluarga yaitu menjadi pemimpin keluarga dalam segala hal. Maka di haruskan seorang suami memiliki jiwa pemimpin, yaitu pandai mengambil keputusan dalam keluarga, menyelesaikan masalah, dan mengayomi keluarga

  • Menuntun ke jalan Allah

Al-Imam As-Sa‟di Ra, berkata: “Tidak akan selamat seorang hamba kecuali jika ia telah menunaikan perintah Allah terhadap dirinya dan terhadap siapa saja yang dibawah tanggung jawabnya dari para istri dan putra-putrinya, serta yang lainnya yang dibawah kewenangan dan pengaturannya. Engkau sebagai kepala rumah tangga, wajib menjaga dirimu dan keluargamu, istri dan putra- putrimu dari dahsyatnya api neraka jahannam. Dengan menegakkan amar ma’rûf nahî munkar dalam rumah tanggamu, mengajak mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka dari kejelekan. Engkau harus berupaya semaksimal mungkin dalam mengondisikan keluargamu untuk menjalankan kewajiban yang Allah perintah kepada mereka. Diantaranya kewajiban shalat, maka kepala rumah tangga harus memerintahkan keluarganya untuk melaksanakannya”.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Peran Seorang Suami dalam Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*