jasa sablon kaos badminton

Screen printing atau yang biasa dikenal dengan sablon adalah jenis percetakan yang menggunakan metode cetak saring. dalam proses cetak sablon memerlukan kain saring ata scrteen. Screen merupakan sebuah media penyaring tinta keatas bahan cetak sekaligus tempat meletakkan tinta selama proses penyablonan.

Pada awal adanya sablon, screen yang digunakan terbuat dari sutra, namun tidak bertahan lama krena sutra tidak tahan terhadap kelembaban udara, suhu, gesekan, dan juga tidak memiliki resistensis terhadap bahan kimia. Selain itu, harga screen sutra juga berharga mahal.

Karena banyak ditemukan kelemahan maka screen untuk sablon kini dibuat dari karet alam atau sintetis yaitu nylon, polyester, dan juga stainless steel. Diantara semua kain itu, ada kain terbaik yaitu stainless steel,karena screen ini kuat, stabil, dan tahan gesekan. Screen ini cocok untuk penyablonan diatas gelas, keramik, dan benda-benda elektronik.

Sablon yang dikenal oleh masyarakat luas yaitu adalah teknik mencetak yang menggunakan kain, kaca, plastik, kertas, kayu dan lain sebagainya sebagai media. Penggunaan sablon yang yang paling utama yaitu digunakan pada media kaos yang bertujuan untuk memperindah tampilan.

Dengan adanya teknik sablon, maka kita tidak perlu melukis secara manual dengan menjadikan media cetak sebagai kanvas. teknik menggambar atau melukis hanya bisa menyelesaikan satu persatu gambar dan butuh waktu lama. Maka dengan adanya sablon akan memerlukan waktu yang lebih sedikit dan hasilnya pun lebih stabil karena menggunakan cetakan yang sudah ditentukan.

Teknik sablon juga dapat menghasilkan efek menarik seperti timbul, mengkilap, glow in the dark, glitters, dan lain-lain. Biaya cetak sablon juga terbilang murah.

Kegiatan menyablon mungkin terlihat mudah, namun jika kita terjun langsung atau praktek, menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

Berikut cara percetakan sablon yang sederhana :

  1. Membuat film atau masker cetak
  2. Afdruk display screen sablon
  3. Tuang tinta sablon diatas alat bantu sablon (screen)
  4. Ratakan tinta didisplay sablon dengan menggunakan rakel agar tinta dapat disalurkan melalui lubang display yang tidak terafdruk sehingga yang tercetak adalah gambar yang diinginkan
  5. Setelah selesai, keringkan hasilcetakan tersebut.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Screen Printing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*