SEA Games adalah ajang multiolahraga se-Asia Tenggara. Acara ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan melibatkan 11 negara-negara anggota Association of South East Asia Nation (ASEAN). Negara-negara tersebut diantaranya, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste, Filipina, Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam.

Tempat pelaksanaan acara SEA Games ini selalu berbeda. Sebagai contoh, Indonesia menjadi tuan rumah pada acara SEA Games ke-26 pada tahun 2013 dan Singapura menjadi tuan rumah pada acara SEA Games ke-28 pada tahun 2015. Selain tempat, maskot-maskotnya pun berbeda. Mengapa harus ada maskot? Nah, karena maskot memegang peranan penting dalam setiap pelaksanaaan event-event besar seperti SEA Games. Sebagai contoh, maskot Sea Games ke-26 adalah Modo-Modi yang mencerminkan karakter komodo sebagai salah satu keajaiban dunia di Asia Tenggara. Contoh selanjutnya adalah maskot pada SEA Games ke-28 yaitu Nila. Seekor singa dengan rambut warna merah, berjenis kelamin laki-laki.

SEA Games memiliki banyak tujuan, diantaranya adalah untuk mengeratkan kerjasama, menyatukan pemahaman, dan mempererat hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara. Adapun tujuan khusus bagi negara tuan rumah seperti :

  • Untuk menarik investor untuk mendatangi tuan rumah
  • Dapat menunjukkan keindahan Sumber Daya Alam kepada negara-negara pendatang
  • Membuat negara tersebut punya fasilitas olahraga Internasional

Selain tujuan, adapula manfaat SEA Games bagi negara peserta, seperti :

  • Mengenal budaya serta adat istiadat atau kebiasaan dari negara tuan rumah
  • Dapat membuat sejarah bergengsi di SEA Games
  • Dapat meraih keuntungan jika meraih medali

Pelaksanaan acara ini biasanya dibuka dengan opening ceremonydan karnaval-karnaval kebudayaan yang digelar sangat megah dan meriah. Event besar ini paling lama dilaksanakan 2 minggu. SEA Games ini kurang lebih ada 45 cabang cabang olahraga yang dikompetesikan. Sebagai contoh, sepak bola, renang, bola basket,bulu tangkis, catur, karate, futsal, gulat, atletik, voli, tenis meja, dan sebagainya.

Setiap ada pembukaan pasti ada penutupan. Nah, acara SEA Games juga ditutup dengan penurunan bendera SEA Games dan pemberian penghargaan kepada atlet-atlet yang telah memenangkan juara dalam pertandingan. Adapun pemberian juara Umum kepada negara yang paling banyak mendapatkan medali atau penghargaan.

sumber : https://www.kompasiana.com/yulia-isna-08/sea-games-ajang-pemersatu-asia-tenggara

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Sea Games Ajang Pemersatu Asia Tenggara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*