tdejfyndkviqgukw

Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Penyebab insomnia bisa berbagai macam, antaranya karena masalah psikologi, masalah kesehatan fisik, efek samping obat-obatan, gaya hidup, stress, dan sebagainya.

Kesulitan tidur malam atau insomnia ini tidak baik bagi tubuh. Banyak dampak negatif jika tubuh kita kekurangan tidur,  karena tidur merupakan kebutuhan fisiologis setiap manusia. Maka dari itu agar tubuh sehat selalu dan tidur menjadi nyaman dan cukup, berikut beberapa tips untuk mengatasi gangguan insomnia :

  • Kurangi cahaya berlebih

Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

Maka dengan mengurangi cahaya lampu ketika akan tidur menjadi cara efektif untuk mengatasi insomnia.

  • Hindari stress

Rileks kan tubuh anda, terutama ketika sudah selesai beraktivitas seharian. Lupakan dahulu masalah yang ada, dan dengarkan musik slow atau lagu favorit kita yang bisa membuat diri menjadi nyaman. Bisa juga dengan melakukan teknik teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

  • Buat suasana kamar menjadi nyaman

Apabila kamar berantakan maka kita tidak akan merasa nyaman, maka biasakan kamar selalu dal;am keadaan bersih dan rapih. Sehingga setiap kali akan di tidur bisa membuat tidur kita menjadi nyaman.

  • Hindari kafein

Kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur, terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Mak auntuk mencegah insomnia hindari kafein ini, agar jam tidur bisa teratur.

  • Mandi air hangat

Setelah melakukan seharian aktivitas, lebih baik mandi dengan air hangat. Karena bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks, maka tidur pun akan lebih nyaman dan cepat.

  • Posisikan tidur dengan nyaman

tidur mengikuti sunnah rasulullah,yaitu dengan posisi tidur berbaring dan miring ke arah kanan. Karena posisi ini membuat lambung bekerja lebih baik dalam menyerap makanan, mencegah maag, dan juga membuat otak lebih rileks. Dan posisikan kepala pada bantal yang lebih rendah agar tidak mengakibatkan kepala menjadi sakit.

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Tips Mengatasi Insomnia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*