Foto Nyeri haid lusi

pernahkah anda merasa nyeri ketika haid? Nyeri haid atau disebut juga dysmenorrhea merupakan rasa sakit yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi. Rasa sakit ini biasanya di rasakan di sekitar bagian perut, hal ini terjadi karena uterus berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan dindingnya pada saat menstruasi. Hormon yang disebut prostaglandin yang berperan dalam rasa sakit dan inflamasi memicu otot pada uterus untuk berkontraksi. Kadar prostaglandin yang semakin tinggi dapat menimbulkan dysmenorrhea yang lebih parah.

Namun ada berbagai cara  untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid ini, dan berikut adalah beberapa penjelasannya :

  • Olahraga secara teratur

Dengan olah raga ringan akan mengurangi rasa nyeri ketika haid, olahraga yang dilakukan bisa seperti berjalan, berenang atau bersepeda. Namun jangan memaksakan diri jika memang tidak mampu melakukannya, cukup lakukan olahraga yang paling mudah saja.

  • Mandi air hangat

Ketika selama haid biasakanlah mandi dengan air hangat untuk sementara, karena mandi dengan air hangat akan membuat  tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri haid.

  • Minum jamu

Nyeri ketika haid bisa di redakan dengan mengonsumsi minuman herbal yaitu jamu, karena memang dipercaya minuman herbal ini lebih ampuh. Kita dapat membuat sendiri jamu itu di rumah dengan bahan, yaitu:

  1. 15 s/d 30 gram daun dewa
  2. 20 gram kunyit
  3. 600 cc air putih

Sisakan air hingga menjadi setengah baru kemudian disaring terlebih dahulu. Air ramuan bisa langsung diminum 2 kali per hari.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan,labu dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.

  • Pijatan

Lakukan pemijatan lembut pada bagian perut bawah secara merata dan pada tulang pinggang. Lakukan juka pemijatan pada otot sekitar pusar dengan cara di cubit dan hati-hati. Bisa juga pemijatan di sebelah otot bagian dalam tulang kering secara rata dari atas sampai bawah.

  • Konsultan pada dokter

Jika semua tips yang disarankan tidak cukup membantu, maka pilihan terakhir yang bisa di lakukan adalah berkonsultasi kepada dokter. Bicarakan apa saja rasa nyeri yang kita rasakan, lalu tanyakan penyebab dan cara mengatasi nya. Karena walaupun rasa sakit ketika haid mungkin sudah menjadi hal biasa yang terjadi tiap bulan, namun jika rasa sakit itu menjadi menganggu aktivitas kita mka tidak salahnya untuk berkonsultasi pada dokter sebelum terjadi hal-hal yang tak terduga.

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

 

Tips Mengatasi Nyeri ketika Haid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*