Pujian

 

Kita semua pasti senang jika mendapatkan pujian dari orang lain, karena memang sudah sifat manusia senang jika mendapat pujian, bahkan mungkin ada beberapa orang yang mengejar sesuatu hanya karena ingin dipuji oleh orang lain. Memang senang rasanya mendapat pujian, namun tanpa kita ketahui sesungguhnya mendapat pujian itu berbahaya, kenapa? Sebab jika kita mendapat pujian itu artinya kita telah merasa baik dan itu akan menimbulkan rasa malas untuk maju kembali sebab kita telah merasa berhasil dan puas, sehingga dirasa sudah cukup karena telah mendapatkan nya.

Namun jika kita mendapatkan koreksi dari orang mungkin kita agak sulit menerimanya, mungkin sakit hati terlebih dahulu baru akhirnya kita dapatmenerima masukan tersebut. Namun sesungguhnya koreksi yang dapat mematahkan hati , makna sesungguhnya adalah memberi motivasi. Tanpa koreksi kita tak akan menemukan motivasi sebab kita tak tahu dimana letak kekurangan kita. Beda hal nya dengan mendapat pujian, mungkin kita senang namun berdampak buruk untuk kedepan nya. Jadi jangan marah jika ada yang mengkoreksi kita mungkin dengan kata kata yang kurang enak pun harus kita terima dengan lapang dada dan menjadikan nya sebagai motivasi agar lebih baik kedepan nya. begitu pula dengan mendapat pujian, jangan merasa mudah puas, jika mendapat pujian jadikan saja sebagai ukuran bahwa kita telah baik dari sebelumnya dan jangan sampai berhenti sampai disitu saja, jadikan pujian sebagai motivasi juga agar kita lebih baik lagi , karena jika sebelumnya kita berhasil maka kedepan nya tentu saja kita bisa berhasil lagi.

Sama hal nya dengan orang yang memuji, jika kita ingin memuji seseorang pujilah sewajarnya, jangan berlebihan. Contohnya teman kita memenangkan perlombaan, kita cukup memujinya sambil memberi semangat . jangan sampai pujian kita berlebihan dan membuat orang yang dipuji merasa puas.  Begitu pula dengan memberi masukan, jangan sampai masukan kita memakai bahasa yang kurang mengenakan apalagi sampai merendahkan.

Ibnu ‘Ajibah mengatakan, “Janganlah engkau tertipu dengan pujian orang lain yang menghampirimu. Sesungguhnya mereka yang memuji tidaklah mengetahui dirimu sendiri kecuali yang nampak saja bagi mereka. Sedangkan engkau sendiri yang mengetahui isi hatimu. Ada ulama yang mengatakan, “Barangsiapa yang begitu girang dengan pujian manusia, syaithon pun akan merasuk dalam hatinya.” (Lihat Iqozhul Himam Syarh Matn Al Hikam, Ibnu ‘Ajibah, hal. 159, Mawqi’ Al Qaroq, Asy Syamilah).

 

Maka Jika kita mendapat pujian ada baiknya kita berdoa agar tidak menyesatkan kedepan nya, inilah do’a ketika mendapat pujian:

 

,

اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

[Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka] ( Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4/228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25/145, Asy Syamilah).

 

 

 

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

 

 

 

Bahaya Memuji Dan Dipuji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*