s

Shalat adalah rukun Islam yang kedua. Shalat adalah rukun yang paling ditekankan setelah dua kalimat syahadat. maka dari itu salah satu di antara kewajiban yg diperintahkan Allah bagi umat Islam adalah menjalankan ibadah Shalat. Arti Shalat Dalam bahasa Arab, kata ash-shalat berarti berdoa memohon kebaikan.

shalat merupakan sara berkomunikasi dengan Allah SWT, maka dalam mengerjakannya harus khusyu, karena memang itu adalah perintah Allah. Pengartian dari khusyu sendiri adalah serius, bersungguh-sungguh, khidmat, syahdu atau penuh penghayatan dalam melakukan shalat itu sendiri.  sebagai mana firman Allah SWT, sebagai berikut :

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya.” (QS Al Mu’minun 23 : 1-2)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga tak mengerti apa yang kamu ucapkan.” (QS. An-Nisa 4 : 43)

namun di era modern seperti ini memang banyak alasan yang membuat seseorang sulit khusyu dalam menjalankan ibadah, terutama shalat. dan berikut cara agar khusyu dalam mengerjakan shalat adalah :

  • memahami arti shalat

agar shalat menjadi khudyu maka sebelum itu kita harus lebih memahami arti shalat itu sendiri, bukan hanya sekedar memahi bahwa shalat adalah sara komunikasi atau berdoa kepada Allah SWT. namun kita harus lebih memahami di setiap gerakan dan setiap doa yang kita bacakan ketika shalat agar lebih khusyu dalam mngerjakannya.

  • niatkan shalat karena Allah

dalam menjalankan ibadah selalu lah niatkan karena allah, bukan hanya ingin memarekan dan dipuji oleh oranglain. termasuk shalat ibdah yang wajib dilakukan, mka dalam mengerjakannya harus ikhlas dan niat karena allah, bukan hanya akan membuat shalat menjadi khusyu namun ibadah yang kita kerjakan pun akan mendapat berkah dan pahala.

  • melupakan dan tidak mebawa urusan duniawi ketika shalat

jika sedang shalat lebih baik kita menyimpan sementara urusan dunawi, agar tidak terpikirkan ketika shalat dan shalat pun menjadi khusyu.

  • menganggap shalat yang akan kita kerjakan adalah shalat terakhir

  • shalat tepat waktu

  • selalu memperbaiki shalat kita

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Cara Agar Shalat Menjadi Lebih Khusyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*