Haram

Makanan merupakan suatu kegiatan pokok yang di lakukan makhluk hidup, karena dengan makan maka tubuh makhluk hidup akan lebih memeliki energi untuk melakukan aktivitasnya sehari-sehari. Akan tetapi tidak semua makanan akan memberi dampak baik pada tubuh kita, ada beberapa makanan yang akan memberi dampak buruk bagi tubuh.

Dalam islam allah membagi apa sesuatu menjadi 2 yaitu haram dan halal, dalam makanan pun telah terbagi menjadi halal dan haram. Dan berikut bebepa contoh makanan haram yang perlu kita jauhi larangannya :

  1. Bangkai

Di Dalam Al-Qur’an Surat Al- Maidah ayat 3 Allah SWT telah menjelaskan bahwa disebut dengan bangkai dan diharamkan untuk dimakan apabila ada hewan yang mati secara tidak wajar atau tanpa melalui proses penyembelihan yang disyariatkan dalam ajaran islam, seperti :

  • Hewan yang mati dalam keadaan tercekik
  • Hewan yang mati karena dipukul dengan menggunakan suatu benda
  • Hewan yang mati karena terjatuh dari ketinggian
  • Hewan yang mati karena tertanduk oleh hewan lainnya
  • Hewan yang mati karena diterkam oleh binatang buas,

Kecuali 2 bangkai yang halal di perbolehkan untuk dimakan yaitu bangkai belalang dan bangkai ikan. Sebagaimana rasulullah bersabda :

Artinya : “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” (HR. Ibnu Majah)

Namun ketika ada hewan yang sempat kita sembelih maka hurumnya bisa halah dan haram, dikatakan haram apabila hewan tersebut disembelih atas nama selain Allah SWT.

  1. Hewan yang bertaring danburung yang berkuku tajam

Rasulullah saw bersabda :

Artinya : “Rasulullah saw. telah melarang memakan setiap binatang bertaring dari jenis binatang buas dan setiap jenis burung yang berkuku tajam (untuk mencengkram).” (HR. Muslim)

Hukum memakan binatang bertaring dari jenis binatang buas seperti beruang, anjing, serigala, harimau, dan lain sebagainya adalah haram. di dalam Hadist Rosulullah Sholallahu alaihi Wassalam di atas juga mengharamkan mengkonsumsi daging dari burung yang memiliki kuku yang tajam seperti burung elang, burung garuda, dan lain sebagainya.

  1. Darah

Darah haram hukumuntuk di makan, baik dalam bentuk darah yang mengalir atau yang telah membeku.sebagaimana firman Allah SWT, berikut :

katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi — karena sesungguhnya semua itu kotor — atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS Al Anam 145)

terkecuali darah yang masih tersisa dalam urat nadi hewan yang disembelih dengan nama Allah maka darah tersebut halal apabila termakan bersama dengan dagingnya.

  1. Babi

Dalam islam mengonsumsi babi hukumnya haram, dan bukan hanya olahan dagingnya saja, segala bentuk olahan yang terbuat dari seluruh bagian tubuh babi baik di olah dalam bentuk produk lainnya maka di haramkan untuk menggunakannya.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Jenis Makanan Haram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*