Dok Greg Denning e

Mempelajari, menuntut, dan mendalami  ilmu agama (islam) sangatlah wajib abgi umat muslim. Ilmu yang dimaksud ialah ilmu diniyah atau ilmu syariat, sebuah ilmu yang menjelaskan mengenal Allah SWT dan para Rasul-Nya. Dalam sebuah hadis menyebutkan “ hukum mencari ilmu pengetahuan  ( agama Islam ) adalah fardu’ain ”.

Sesungguhnya Islam adalah agama yang tidak membiarkan umatnya dalam kebodohan, karena Islam adalah agama yang sempurna, dan sangat meninggikan ilmu, terutama ilmu agama(islam).

Keutamaan ilmu agama sangatlah banyak, dan berikut dari beberapa keutamaan mempelajari ilmu agama diantaranya sebagai berikut :

  • Kunci kebaikan dunia dan akhirat

Setiap mukmin pasti menginginkan kebaikan dunia dan akhirat, dan jalanuntuk menghantarkannya yaitu dengan mencari dan mempelajari ilmu agama, Sebagaimana Rasulullah sholallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan bagi seseorang maka Allah akan pahamkan ilmu agama kepadanya. ( Muttafaqun alaihi ).

  • Jalan menuju surga

Maka barangsiapa yang ingin mendapatkan kemudahan menuju surga, maka segeralah mempelajari ilmu agama. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu maka akan Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim No. 2699)[6]

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya dunia itu terlaknat, dan terlaknatlah  apa-apa yang ada di dalamnya, kecuali berdzikir kepada Allah dan apa-apa yang mendukungnya, orang berilmu, dan orang ang menuntut ilmu.” (HR. At Tirmidzi No. 2322, katanya: hasan gharib)[7]

  • Ditinggikan derajatnya

Sebagaimana Allah SWT, berfirman : “Allah mengangkat derajat orang-orang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberikan ilmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan.” (QS. Al Mujadillah (58): 11)

  • Menyelamatkan dari laknat Allah azza wajalla

Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ ما فيها إلا ذِكْرُ اللَّهِ وما وَالَاهُ وَعَالِمٌ أو مُتَعَلِّمٌ

“Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan- amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.”

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Keutamaan Mempelajari Ilmu Agma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*