what is polyester blog banner x

Dalam pembuatan tas banyak jenis bahan yang digunakan sebagai bahan dasarnya, salah satunya bahan Polyester. Polyester adalah serat sintetis atau serat buatan yang zat kompenennya banyak ditemukan pada minyak bumi atau ester, Polyester juga dapat berasal dari PET (Polyethylene terephthalate), bahan yang sama ditemukan pada botol minuman.

Bahan plastik ini diciptakan di inggris pada awal tahun 1940, dan pada tahun 1950 Polyester menjadi populer sebagai bahan tekstil karena perawatannya yang mudah. Bekas botol minuman plastik didaur ulang atau recycled dengan cara yaitu memanaskan kembali botol minuman tersebut untuk memperoleh fiber Polyester.

Bentuk beberapa jenis bahan Polyester:

1. Benang

Benang termasuk salah satu jenis serat Polyester, seperti benang filamen, benang pintal, dan benang bertekstur yaitu diolah dengan proses khusus sehingga menciptakan kain Polyester dengan kualitas terbaik. Kain Polyester ini dapat memilih tampilan yang mirip dengan kain alami dari pada jenis Polyester lainnya, meskipun masih sintetis. Beberaoa macam jenis benang Poluyester salah satunya: PSF (Polyester Staple Fiber), DTY (Drawn Textured Yarn), POY (Pantially Oriented Yarn), FDY (Folly Drawn Yarn)

2. PET (Polyethylene Terephthalate)

PET merupakan jenis serat yang paling populer dari Polyester yang digunakan untuk bahan pembuatan kain. Cara pembuatan PET Polyester yaitu campurkan Ethgiene Glycol dengan asam tereftalat atau metil ester dengan katalis antimon. Keuntungan utama dari serat ini adalah dapat didaur ulang serta dapat menghemat waktu yang cukup besar dalam proses produksi sebuah kain.

3. PCDT

Kain PCDT Polyester tidak sepopuler kain PET, namun tetap digunakan sebagai jenis kain Polyester karena memiliki ketahanan dan elastisitas kain yang lebih besar. PCDT Polyester menggunakan kombinasi kimia yaitu -poli 1, 4-cyclohexylene-dimethylene tereftalat. PCDT Polyester cocok untuk tekstil yang lebih berat seperti pembuatan tirai dan aksesoris furniture.

Namun seperti jenis serat lainnya polyester juga memilikikelebihan dan kekurangannya, yaitu :

Kelebihan

  • Tidak mudah kusut
  • Tidak mudah melar
  • Cepat kering
  • Tahan terhadap pencucian kimia/dry cleaning
  • Lebih tahan terhadap bakteri dan jamur

Kekurangan

  • Mudah terbakar
  • Dapat menyebabkan iritasi kulit
  • Kurang mampu menyerap panas dan keringat

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Mengenal lebih dekat macam-macam bahan Polyester

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*