Tahapan-tahapan sebelum membuat tas yaitu:

  1. Desain

Sebelum membuat tas, proses pertama yaitu membuat desain. Dalam membuat desain, harus meliputi 2 proses, yaitu sketsa dan gambar kerja.

  1. Persiapan Bahan

Setelah desain siap, selanjutnya mempersiapkan bahan yang akan digunakan.

  1. Menentukan Alat.

Tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan alat yang akan digunakan dalam pembuatan tas, seperti:

  1. Mesin jahit
  2. Gunting
  3. Pisau / Kater
  4. Penggaris potong
  5. Penggaris ukur
  6. Cutting mat
  7. Uncek

Setelah mempersiapkan tahapan-tahapan diatas, kemudian menuju ke tahapan selanjutnya:

  1. Membuat pola

Membuat pola sangat penting karena berfungsi sebagai pedoman alur yang akan dipotong. Ukuran dalam membuat pola sebaiknya dilebihkan sedikit agar memudahkan proses perakitan.

  1. Proses Pengerjaan

Pada tahap pengerjaan biasanya dimulai dengan:

  • membuat pola dan memotong bahan

setelah membuat pola, kita harus melakukan ceking pola atau mengecek ulang pola yang sudah dibuat, apakah sudah ada: Tanda jahitan, Tanda kelebihan kulit (potongan pas) sesetan dan lipatan, Tanda perakitan, Tanda pemasangan kancing, ring dan aksesoris yang lain, Tanda berapa kali potong tiap komponen. tujuannya agar saat pemotongan tidak terjadi kesalahan.

  • Menyeset

Kemudian bahan dilipat untuk dipotong, namun agar pola lipatan tersebut tidak menonjol, bagian yang hendak dilipat dan dijahit haruslah diseset terlebih dahulu menggunakan mesin seset atau pisau seset.

  • Merakit

Merakit dilakukan apabila bagian-bagian dari bentuk tas yang direncanakan telah selesai, kemudian bagian-bagian tersebut digabungkan, dirakit sesuai dengan susunan bentuk dalam pola/ gambar kerja.

  • Menjahit

Menjahit dilakukan untuk memperkua perakitan dan juga lanjutan dari menyeset, mengelem, dan melipat. Proses menjahit tas biasanya dilakukan dengan teknik jahit mesin.

  • Finishing

Setelah semua proses dilakukan dan tas sudah jadi, tahap terkahir yaitu finishing. Finishing dilakukan agar tas yang sudah jadi hasilnya lebih sempurna. Proses finishing yaitu meneliti bagian per bagian tas apakah jahitan sudah sempurna atau belum.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwi Sari V no 59

Bandung

PEMBUATAN TAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*