ssi

ketika hati merasa gelisah tanpa ada sebab, mengapa bisa seperti itu? Perasaan gelisah dalam hati pasti dapat dirasakan oleh siapapun, karena hal itu sudah menjadi kodratnya manusia. Namun hanya ada sebagian manusia yang mampu mengatasi perasaan gelisahnya tersebut, dan ada pula yang tidak dapat mengatasinya.

Bahkan tak banyak pula ada sebagian orang yang merasa hatinya gelisah tanpa sebab, mereka yang merasakan hal tersebut merasa hati dan pikirannya tak tenang namun ia tidak mengetahui hal apa yang sudah mengusiknya tersebut. sebab hati gelisah memang tidak menentu sehingga bisa melibatkan banyak hal, permasalahan, dan pemikiran yang rumit.

Perlu diketahui, salah satu penyebab hati gelisah adalah karena perbuatan dosa yang telah kita lakukan. Sebagaimana dalam hadits berikut .

Zaid bin hubab Al anshori berkata : “aku bertanya pada nabi tentang kebaikan dan dosa. Kemudia nabi bersab : “ adapun kebaikan itu baiknya budi perketi, sedangkan dosa adalah sesuatu yang membuat gelisah dalam hatimu , dan jika (perbuatan dosa)  dilihat manusia kamu merasa benci.” (HR Ahmad)

Rasulullah saw bersabda :

“Kebajikan adalah akhlak mulia. Sedangkan kejelekan (dosa) adalah sesuatu yang membuat hatimu gelisah dan kamu tidak suka jika orang lain melihat apa yang kamu lakukan”. (HR. Muslim)

Adapun alasan lain mengapa manusia bis amerasakan hatinya gelisah tanpa ada sebab yang jelas, berikut penjelasannya :

  • Memudarnya tingkat keimanan

  • Kurang bersyukur dan sering mengeluh

  • Ikut campur mengenai perkara Allah SWT

  • Kurang sabar ketika ditimpa ujian

Bisa dilihat bahwa semua kegelisahan yang dirasakan oleh hati kita tak lain itu semua di sebabkan oleh diri kita sendiri, namun banyak manusia yang tidak menyadari akan hal itu. Mereka yang hanya bisa menyalahkan takdir tuhan tanpa berusaha mencari cara untuk mengatasinya. daripada kita memperbesar kegelisahan yang terjadi, lebih baik memikirkan cara untuk mengatasinya dengan berintropeksi diri, apa saja yang telah kita lakukan? Apa saja kesalahan kita? Sudah dekatkah kita pada tuhan?

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Penyebab Hati Gelisah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*