Mengoreksi dan menilai pribadi orang lain memanglah gmpang, bahkan baru saja kita bertemu dengan nya satu kali kita bisa menilai dia seseorang seperti apa. Yaa begitu lah fitrahnya manusia.

Saking sibuknya kita mengoreksi kehidupan orang lain, kita menjadi lupa untuk mengoreksi diri sendiri. Seakan hidup kita ini sudah lebih baik dari orang lain.

Hidup itu berkembang¸yaitu dengan terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. lalu jika kita terus hanya bisa mengoreksi kehidupan orang lain maka kehiduupan kita pun tidak akan bisa berkembang. Mulailah belajar mengoreksi diri sendiri, dan jangan selalu melihat kesalahan-kesalahan orang lain, sekalipun hal yg sekecil-kecilnya. Allah SWT berfirman :
“Hai orang-orang yg beriman, jahuilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yg lain.
Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yg sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.
Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah maha menerima taubat lagi maha penyayang.” (QS.Al-Hujurot:12)

Jika apa yang kita lakukan salah maka perbaiki ,dan jika apa yang kita lakukan benar maka terus perbaiki menjadi lebih baik.

Mengoreksi diri sendiri akan memudahkan kita untuk menjalankan aktivitas keseharian dan untuk kehidupan kedepannya, karena dengan selalu mngoreksi diri makan kita akan menjadi hati hati untuk melakuka suatu tindakan apa itu hal yang benar atau tidak. Rasulullah SAW bersabda:

“Berbahagialah orang yg selalu mengingat aibnya sendiri, daripada aibnya orang lain.”

karena pada dasarnya memang tidak ada manusia yang tercipta dengan sempurna, semua manusi pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. dmaka tidak sepantasnya jika kita manuisa yang sama memiliki kekurangan namun selalu mengoreksi kekurangan orang lain.

dalam islam diajarkan untuk saling menutupi aib sesama muslimnya. jika kita tahu apa kekurangan yang di miliki seseorang, maka simpan lah baik_baik tidak perlu menjadi bahan pembicaraan kepada orang lain.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

 

 

 

Selalu Mengoreksi Diri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*