Menjahit adalah suatu pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati oleh jarum jahit dan benang. Menjahit bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin jahit. Menjahit bisa dilakukan oleh siapapun, baik wanita maupun pria. Penjahit pria bisa disebut tailor, sedangkan untuk wanita bisa disebut modiste.

Menjahit tidak hanya untuk membuat pakaian saja, namun bisa juga untuk membuat tas, seprai, sepatu, kasur, tirai dan sebagainya. Semakin perkembangan zaman hhampir setiap orang terutama perusahaan pabrik menggunakan mesin jahit sebagai alternatifnya karena prosesnya yang lebih cepat, kuat dan lebih rapi.

Meskipun begitu, teknik dasar menjahit manual masih dipelajari dan dipergunakan oleh sebagian orang karena pada menjahit secara manual bisa menggunakan berbagai macam teknik tusuk menjahit yang akan memberikan hasil lebih bervariasi, diantaranya:

1. Tusuk Flanel

Teknik tusuk flanel umumnya digunakan sebagai metode menjahit pinggiran dari pakaian yang diobras. Kegunaan teknik flanel yaitu sebagai tusukan dasar, hiasan dan sulaman bayangan dengan jarak rapat mengikuti motif.

2. Tusuk Jelujur

Teknik tusuk jelujur merupakan tusuk yang polanya bergerak dari kanan ke kiri. Teknik ini berguna membuat jadi lebih rapi. Teknik tusuk jelujur memiliki 3 fungsi yaitu: Menjahit sisi kain, menutup sisi ujung dari suatu bentuk, dan membuat efek kain kerutan.

3. Tusuk Rantai

Teknik rantai memiliki pola yang membantuk rantai dan berguna untuk membuat dekorasi pada bahan dengan bentuk rantai.

4. Tusuk Silang

Menggunakan tusuk silang adalah dengan menjahit dari kanan atas ke kiri bawah, lalu dibuat arahnya ke kanan bawah, tusukan kedua dimulai dari kanan bawah lalu ke arah kiri atas.

5. Tusuk Tikam Balik

Cara membuat teknik tusuk tikam balik yaitu dengan melakukan jahitan secara 2 kali dari tusukan bagian atas. Teknik tusuk tikam balik berfungsi membuat dekorasi hiasan garis berbentuk lurus, melingkar, atau bentuk apapun sesuai motif yang diinginkan.

6. Tusuk Balut

Teknik tusuk balut digunakan untuk menjahit tirai yang sudah rusak. Pada klim rol bisa berfungsi sebagai teknik penyelesaian pada pinggiran jahitan.

7. Tusuk Testur

8. Tusuk Som

9. Tusuk Piquar

10. Tusuk Pipih

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Teknik Dasar Menjahit Secara Manual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*