Istiqomah

Apa itu arti istiqomah? Menurut Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali, yang dimaksud dengan istiqomah ialah menempuh jalan (ajaran agama) yang lurus dengan tidak berpaling baik ke kiri maupun ke kanan. Dalam hal ini, istiqomah mencakup pelaksanaan segala bentuk ketaatan (kepada Rabbul ‘Alamin, Allah) baik lahir maupun batin serta meninggalkan segala larangan-Nya. Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.” (QS. Fushilat: 30)

Di era modern seperti ini memanglah sulit untuk teguh dalam berisitiqomah, banyak halangan dan rintangan yang selalu menggoda kita dalam melaksanakannya. Namun disitulah titik diujinya kita dalam beristiqomah kepada allah, jika memang kita istiqomah maka sanggup melewatinya. Berikut tips agar bisa tetap istiqomah dijalan Allah SWT adalah :

Memperbanyak banyak Al-Quran dan mengamalkannya

Memperbanyak baca al-quran di setiap saat dan rutin dilakukan setiap hari lalu mengamalkan isi al-qurannya, bisa membantu agar kita tetap istiqomah dijalan Allah, karena dengan begitu kita lebih banyak mengingat Allah.

Bergaul dengan orang-orang shaleh

Pergaulan akan mempengaruhi kehidupan kita, maka pilihlah pergaulan yang baik. Oleh sebab itu jika ingin tetap istiqomah beribadah diojalan Allah maka bergaullah dengan orang-orang shaleh. Karena mereka akan senantiasa menemani dan mengajak kamu kepada hal yang baik, dan mengingatkanmu akan hal yang salah.

Memahami makna syahadat

ketika mengucap kalimat syahadat berarti kita bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan – Nya. Maka dengan mengucapkan kalimat itu kita berjanji tidak akan menyembah yang lain selain Allah SWT, taat kepada ajaran Allah serta Nabi Muhammad SAW.

Perbanyak doa

Selalu berdoa kepada Allah agar tetap diberi petunjuk kepada jalan yang benar akan memperkuat keyakinan terhadap Allah SWT dan ajaran – Nya. Disebutkan di Al-Qur’an, Allah Ta’ala memuji orang-orang yang beriman yang selalu berdo’a kepada-Nya untuk meminta keteguhan iman ketika menghadapi ujian. Allah Ta’ala berfirman,

 “Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang sabar. Tidak ada do’a mereka selain ucapan: ‘Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir‘. Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS. Ali ‘Imran: 146-148).

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Tips Tetap Istiqomah Dijalan Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*