Jangan Langsung Meminta Kepada Allah Saat Berdoa Lakukan Ini Terlebih Dulu

 

Secara bahasa, kata “doa” itu bermakna seruan, jadi berdoa itu artinya menyeru, mengucap, memanggil. Sedangkan secara istilahdoa” adalah suatu permohonan atau permintaan dan ucapan kepada Allah SWT sebagai penguasa alam semesta, seperti contoh: meminta ampunan, pertolongan dari hal-hal yang ditakutkan, keselamatan hidup, ucapan rasa bersyukur, minta diberikan rizki yang halal dan ketetapan iman dan Islam, dan lain sebagainya.

Allah SWT bersifat maha besar, Maha mengetahui, Maha mengampuni, Maha luas dan Maha segala-galanya yang berhak memberikan segala sesuatu untuk hamba-hamba-Nya atau ciptaan-Nya. maka dalam islam jika ada seseorang yang tidak mau berdoa maka ia sombong. mengapa seperti itu? karena dia beranggapan bisa melakukan sesuatu tanpa pertolongan dari Allah SWT. sedangkan apa yang terjadi dinuia baik dan buruknya, bisa atau tidak, berhasil atau gagal, semua itu bisa terjadi karena kehendak Allaj SWT.

ada waktu-waktu yang paling mustajab terkabulnya doa. berikut 6 waktu terkabulnya do’a yang bisa kita amalkan adalah :

  1. di sepertiga malam

Sebagaimana sabda Rasul:

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman : “Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (H.R. Bukhari, Muslim).

 

  1. saat malam lailatul qadar

malam lailatul gadar adalah malam yang sangat istimewa, karena pada saat itulah Al-Quran diturunkan. maka dari itu dianjurkan pada malam lailatul qadar manusia memperbanyak ibadah dan doa kepada Allah SWT. sebagaimana dalam sebuah riwayat :

 

“Aku bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda : “Berdoalah,  Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku.” (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah)

 

  1. saat turun hujan

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

 

  1. di antara adzan dan iqamah

berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam :

Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

 

  1. pada hari arafah (9 Dzulhijjah)

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi no. 3585. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Maksudnya, inilah doa yang paling cepat dipenuhi atau terkabulkan (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 10: 33)

 

  1. keika sahur dan berbuka puasa

    sebagaimana sabda  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

 

ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

 

‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

 

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com

Waktu yang Tepat Dikabulkannya Doa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*